Merenungkan Misteri Ilahi

12 Agustus 2018 HARI RAYA ST. PERAWAN MARIA DIANGKAT KE SURGA 

“Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?" (Lk 1:43) 

Merenungkan Misteri Ilahi 

Baiklah kiranya pada Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga dengan jiwa dan raganya umat beriman merenungkan misteri ilahi yang tak henti-hentinya membuat orang terkagum-kagum. Meskipun nalar telah berkembang jauh, namun realitas ilahi tetaplah tidak terkuak sepenuhnya. Semakin orang memandang semakin luas, semakin kegelapan karena terang benderang menyelimutinya. Ada rasa kagum sekaligus takut yang tidak jarang membawa orang kepada keangkuhan dirinya sendiri. 


Misteri ilahi yang terjadi pada Bunda Maria yang dinyatakan oleh Gereja menunjukkan bagaimanapun kekuasaan Allah melampaui segala nalar manusiawi untuk mampu memahaminya. Meski demikian, pada akhirnya manusia menyadari bahwa kekuasaan Allah itu baik adanya di dalam dan bagi umat manusia. Kegagalan manusia Hawa pada akhirnya ditanggalkan karena kehadiran Kristus sepenuhnya di dalam diri pribadi Bunda Maria. Kristus menyempurnakan hidup Kaum Hawa di dalam pribadi Maria. Suatu realitas yang mengungkapkan kehendak bebas karena kasih Allah kepada umat manusia. 

Siapakah kaum Hawa? 

Merekalah yang mengandung, melahirkan, menyusui, dan mendidik anak-anak manusia. Dari merekalah terlahir umat manusia sekarang ini dan masa mendatang. Kesucian Maria mengungkapkan penyucian hidup umat manusia karena kehendak ilahi. Maukah umat beriman merenungkan hal ini?

By Slamet Harnoto

0 Response to "Merenungkan Misteri Ilahi "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel