iklan banner

PERTEMUAN APP 2 2022 SECARA VIRTUAL LINGKUNGAN SANTO PETRUS 4


Pertemuan APP 2 secara virtual dilaksanakan pada hari Sabtu 19 Maret 2022. Acara baru di mulai pukul 19.41 Wib yang di buka kata pengantar oleh ibu Ely sebagai ibu Kaling, dan selanjutnya acara dibawakan oleh fasilitator yaitu bapak Sugi. Acara dibuka dengan lagu pembuka "Theme Song Ardas KAJ 2022" (Mengasihi Peduli & Bersaksi). Tema untuk pertemuan APP 2 adalah Peran Gereja Dalam Bidang Kesehatan. Sebelum acara ibadat dimulai Fasilitator mengingatkan kepada umat bahwa Ardas KAJ 2022-2026 merupakan Tahun Penghormatan Martabat Manusia, hal ini ditunjukkan oleh para tenaga medis yang berjuang untuk merawat para korban covid 19 di masa pandemi.

Urutan Acara ibadat seperti biasa yaitu Tanda Salib dan Salam, Kata Pengantar, Doa Pembuka. Untuk bahan sharing dan pendalaman, Fasilitator membacakan 2 Kisah Bermakna yang dapat memberi inspirasi kepada umat yaitu :
1. PUSAT PASTORAL SAMADI MENJADI TEMPAT ISOLASI PASIEN COVID-19
2. VAKSIN COVID-19 : HAK PENYANDANG DISABILITAS UNTUK HIDUP SEHAT

Habis dibacakan 2 kisah bermakna Fasilitator mengajak umat untuk sharing dengan cara memberikan 3 pertanyaan dengan tujuan supaya umat mempunyai gambaran apa yang mau disharingkan. Sharing yang pertama dari ibu Henny : mensharingkan kondisi suaminya yang sedang sakit dan merasakan mahalnya biaya berobat sehingga menggunakan BPJS, tetapi dengan menggunakan BPJS memerlukan waktu yang lama karena harus mengantri untuk mendapatkan penanganan dan harus berpindah pindah rumah sakit. Dan akhirnya diputuskan untuk menggunakan Asuransi Pribadi untuk berobat.

Sharing yang kedua oleh bapak Benny dan ibu Marni : mensharingkan lamanya menunggu obat atau menebus resep karena menggunakan BPJS, tetapi pak Benny dan ibu Marni mengucapkan terima kasih atas kepedulian umat lingkungan sekitar yang saling mau membantu ketika ada kesusahan walaupun warga baru yang baru pindah. 

Sharing yang ketiga oleh ibu Titin: mensharingkan susahnya mencari rumah sakit di masa pandemi. Tetapi dengan bantuan saudara yang bekerja di rumah sakit akhirnya bisa terbantu walaupun tidak langsung mendapatkan tempat dan direkomendasikan ke rumah sakit lain.
Dan sharing ke empat oleh ibu Elly : Harus saling bahu membahu, saling tolong menolong di lingkungan yang terdampak pandemi covid merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan. Sebagai Ketua Lingkungan harus bisa mengkoordinir  dan menjadi pionir untuk membantu menggerakkan umat yang lain walaupun beda keyakinan.
                                                                                                                                        Pertemuan APP 2 ada 2 Bacaan kitab suci yang dibacakan, yang pertama diambil dari Kitab Keluaran 1: 15-17 yang dibacakan oleh pak Petrus ( Hidup adalah hak paling dasar dari semua hak asasi manusia, Menghormati kehidupan secara absolut sejak keberadaan hingga kematian, Hati nurani para bidan Sifra dan Pua bersuara agar berpegang teguh pada hakikat nilai kehidupan yang diberikan Allah kepada setiap ciptaan).  
Dan yang kedua dari Kitab Markus 2: 3-5 dibacakan oleh pak Sulis  (Sisi kemanusiaan ditunjukkan oleh kepedulian orang yang menggotong si lumpuh, Saat kita melihat orang sakit dan menderita, kita diajak menyadari bahwa hal ini lebih dari sekedar persoalan medis, tetapi persoalan batin, Karya pelayanan Kesehatan yang dibuat oleh Yesus memiliki sisi insani sekaligus ilahi).

Setelah itu baru dilanjutkan Doa Umat oleh pak Sugi dan doa secara spontan oleh pak Petrus dan ibu Ely. Dan doa tersebut disatukan dengan doa Bapa Kami, Doa Penutup dan Perutusan mohon berkat Tuhan. Lagu Penutup dengan judul "Salib Hina".















Demikian laporan kegiatan Pertemuan APP 2 di lingkungan Santo Petrus 4 secara virtual yang ditutup pada pukul 21.18 wib yang dihadiri 13 participants dengan jumlah 21 umat. Berkah Dalem.🙏


Penulis : Bpk Petrus Indra Gunawan & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "PERTEMUAN APP 2 2022 SECARA VIRTUAL LINGKUNGAN SANTO PETRUS 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel