Touring Religi


Dikalangan komunitas Katolik nama Lembah Karmel bukan sesuatu yang asing di telinga, Lembah Karmel terletak di desa Cikanyere, Cipanas, Puncak, Jawa Barat, kira-kira berjarak sekitar 115 km dari Gereja St. Albertus Harapan Indah. Meskipun di tempat itu terdapat gua Maria lengkap dengan perhentian-perhentian jalan salib tetapi biasanya orang yang datang kesitu tidak melakukan ziarah jalan salib seperti yang biasa dilakukan di lokasi gua Maria lain. Tempat itu lebih dikenal sebagai tempat retret, bukan tempat retret biasa akan tetapi utamanya adalah retret untuk penyembuhan batin, juga berbagai retret untuk keluarga dan remaja. Yang membuat tempat ini amat sangat terkenal adalah diselenggarakanya misa khusus untuk penyembuhan baik untuk fisik akibat sakit penyakit ataupun untuk untuk batin dan rohani.

Beberapa Orang Muda Katolik (OMK) dari Stasi Harapan Indah yang dimotori oleh Nico Rian Lesmana merencanakan pada tgl 3 agustus 2012 yang lalu akan melakukan touring religi menuju lembah karmel.   Namun rupanya agenda acara itu sempat terkendala karena seminggu sebelum hari H beberapa OMK yang sebelumnya sudah menyatakan ikut ternyata mengundurkan diri. Ada pepatah mengatakan “Show Must Go ON” begitu juga dengan agenda acara OMK ini tetap berjalan kendati pesertanya hanya 3 orang.


Perjalanan di mulai dari Bundaran Steinless Harapan Indah sekitar pukul 01.00 WIB dini hari dan setelah menyusuri rute melalui Pulogadung, Cililitan, Depok, Bogor dengan kecepatan rata-rata 60-80km/jam  akhirnya satu jam kemudian sampailah di daerah Tajur.  Mereka pun beristirahat di warung kopi untuk sekedar melepas lelah.


Perjalanan selanjutnya mulai menantang, selain jalannya menanjak dan berliku namun juga karena minimnya penerangan jalan ditambah banyaknya mobil yang berjalan kencang sehingga kecepatan rata-rata mereka 50-65 km/jam.  Istirahat kedua mereka lakukan di Indomaret dekat Kota Bunga pada jam 03.30 pagi mengingat kondisi udara pagi yang menusuk menembus jaket dan sarung tangan touring mereka.  Tepat pukul 04.00 pagi mereka tiba di Lembah Karmel. Mereka pun segera  melaksanakan misi kami yaitu berdoa di goa maria.


Misi berhasil mereka selesaikan sehingga mereka pun meninggalkan lokasi dan tentunya kesempatan itu mereka gunakan untuk singgah ke Puncak Pas dan beberapa tempat lainnya. Sebuah perjalanan religi yang jauh dari aksi kebut-kebutan yang mungkin bisa menjadi alternative ziarek. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kegiatan OMK Stasi Harapan Indah. Bravo OMK !

Previous
Next Post »