iklan banner

Jadwal Pengakuan Dosa

Salah satu dari 7 sakramen adalah pengakuan dosa. Anda mau menerima sakramen pengakuan dosa? Jadwal penerimaan sakramen pengakuan dosa di Gereja St. Albertus Agung Paroki Harapan indah dapat dilayani setiap hari. Ada pun jadwal detailnya sebagai berikut :

JADWAL PELAYANAN PENGAKUAN DOSA

Setelah usai misa harian
Ada pun jadwal misa harian sebagai berikut :

SENIN pukul 06.00 WIB (Pagi)
SELASA pukul 18.30 WIB (Sore)
RABU pukul 06.00 WIB (Pagi)
KAMIS pukul 18.30 WIB (Sore)
JUMAT pukul 06.00 WIB (Pagi)
SABTU pukul 06.00 WIB (Pagi)

Setelah usai misa hari Minggu
Ada pun jadwal misa mingguan sebagi berikut :

SABTU pukul 17.30 WIB (Sore)
MINGGU pukul 06.00 WIB (Pagi)
MINGGU pukul 08.30 WIB (Pagi)
MINGGU pukul 17.30 WIB (Sore)

NOTE :

Bila ingin menerima sakramen pengakuan dosa ini mohon setelah usai misa harian atau mingguan silahkan menghubungi koster di Sakristi.

Sakramen pengampunan dosa atau rekonsiliasi adalah salah satu dari dua sakramen penyembuhan (KGK 1423–1424). Sakramen ini adalah sakramen penyembuhan rohani dari seseorang yang telah dibaptis yang terjauhkan dari Allah karena telah berbuat dosa.



Dosa adalah perbuatan melawan cinta kasih Tuhan dan sesama. Setiap dosa berarti manusia menjauhkan diri dari Tuhan. Dosa dilakukan secara sadar, dengan sengaja (diinginkan), dan dalam keadaan bebas, akan berakibat merugikan orang lain dan drinya sendiri serta merusak hubungan dengan Tuhan. Akibat dosa, manusia kehilangan rahmat Allah yang pernah ia terima dalam sakramen baptis. Dosa ikut mengotori kesucian Gereja Kristus. Relasi dengan sesama pun ikut rusak. Jika seseorang bertobat maka, ia pun berdamai kembali dengan Allah, Gereja, dan sesama.



Gereja melalui mereka yang memiliki kuasa para rasul, menjadi saluran rahmat pengampunan dan pendamaian Allah dalam sakramen pengakuan dosa atau sakramen tobat. Yang dituntut dalam sakramen tobat bukan sekedar rasa sesal dan air mata, melainkan “metanoia” atau perubahan hati dan seluruh sikap hidup. Yang diminta Allah dari manusia adalah niat baik dan usaha pertobatan yang dilakukan manusia. Allah selalu siap menerima orang yang bertobat.

Bagaimana langkah-langkah pertobatan seseorang? Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Menyadari dan mengakui dosa
  2. Menyesali dosa
  3. Berniat untuk tidak berbuat dosa lagi
  4. Mohon ampun
  5. Mau menghidupi cara hidup yang baru
Demikian semoga bermanfaat !
text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel