RENUNGAN MINGGUAN II

RENUNGAN MINGGUAN 14MEI 2017
HARI PASKAH V
Hari Minggu Panggilan
 

“Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku;
atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri” (Yoh 14:11)

Persekutuan Ilahi

Sesudah peristiwa Pentakosta, jumlah orang yang percaya akan Yesus Kristus semakin bertambah. Diceritakan dalam Kisah Para Rasul bahwa semakin banyak orang yang mengimani Kristus, semakin banyak pula berbagai bentuk pelayanan. Salah satunya adalah kaum perempuan tua dan janda. Seiring dengan kebutuhan jemaat, dipilihlah orang-orang tertentu yang pada akhirnya “ditahbiskan” untuk terlibat dalam pelayanan kepada jemaat, tidak hanya para rasul (cf. Kis 6:2). Refleksi Petrus terkait dengan kehidupan jemaat patut diperhatikan. Bagi Petrus, jemaat (“Gereja”) bagaikan pembangunan rumah rohani. Umat beriman merupakan batu-batu yang hidup yang membangun rumah rohani. Refleksi Petrus menunjukan panggilan imamat umum umat beriman (cf.1 Ptr 2:5).



Persekutuan jemaat bukanlah persekutuan sosial seperti organisasi yang terbangun dan direkatkan oleh AD/ART, atau perkumpulan yang direkatkan oleh suatu kesamaan hobi, kepentingan, atau tujuan. Persekutuan jemaat adalah persekutuan ilahi dimana Kristuslah yang menyatukan umat beriman. Persekutuan di dalam Kristus ini memancarkan persekutuan Kristus dan Bapa.
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon