iklan banner

Pertemuan APP 1 Lingkungan FX3 – Peran Gereja dalam Pendidikan

Fasilitator          : Sdr. Alonzo Jethro

Jumlah peserta : 11 orang

Waktu               : 19.30 – 20.15 WIB (45 menit)

Theme Song ARDAS KAJ 2022-2026 mengawali Pertemuan APP 1 Lingkungan FX3. Total umat yang hadir secara daring melalui Google Meet berjumlah 11 peserta. Tema yang diangkat pada pertemuan pertama ini adalah Peran Gereja dalam Pendidikan.

Fasilitator memulai dengan slideshow mengenai pandemic Covid 19 dan efeknya, untuk kemudian masuk ke dalam tema utama. Pada bagian pertama, sdr. Alonzo sebagai  fasilitator mengangkat kisah Catur, seorang siswa kelas 7 MTs asal Grobogan Jawa Tengah. Dalam video singkat, disaksikan bagaimana perjuangannya yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk dapat tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar daring. Inisiatifnya untuk bekerja sebagai kuli bangunan didorong oleh keinginannya yang kuat menghasilkan uang, semata demi dapat membeli sebuah smartphone. Pikiran sederhana nan gigih dari seorang remaja, yang memperjuangkan keberlangsungan pendidikannya.

Fasilitator kemudian mengangkat dasar biblis dari Kitab Sirakh (bab 30 ayat 2,4,5 dan 13). Ditekankan bahwa pendidikan menjadi sebuah dasar penting bagi seseorang di dalam keluarga untuk dapat hidup dengan baik dan membahagiakan orang tuanya, serta berguna bagi sesama. Dokumen Konsili Vatikan II, Gravissimum Educationis, menekankan pentingnya pendidikan serta dampak besar dan pengaruhnya atas perkembangan masyarakat zaman sekarang.

Fasilitator kemudian mengajak seluruh umat untuk merencanakan aksi-aksi nyata sederhana terkait peran umat dalam menjaga keberlangsungan pendidikan orang-orang di sekitarnya, entah dalam bentuk dana yang disisihkan dari rezekinya, dana yang diniatkan untuk dikumpulkan bersama, maupun sumbangan barang-barang terkait pendidikan seperti buku, alat tulis, tas, dsb.

Pertemuan berlangsung kurang lebih 45 menit dan dilanjutkan oleh umat untuk foto dan berbincang bersama.





Penulis : Betawati & Publisher : FX Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan APP 1 Lingkungan FX3 – Peran Gereja dalam Pendidikan"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel