REKOLEKSI ORANG TUA CALON PENERIMA KOMUNI PERTAMA


Sesuatu yang pertama selalu menarik, bagitu pun dengan rencana  penerimaan sakramen komuni pertama bagi anak-anak khususnya di stasi Harapan Indah ini. Terlepas dari bagaimana perasaan anak dalam menghadapi detik detik terakhir sebelum menerima sakramen ekaristi, ada hal yang tak kalah pentingnya dari semua itu yaitu peran serta orang tua.


Dalam rangka mengoptimalkan peran serta orang tua maka pada hari Minggu yang lalu tepatnya tanggal  13 Mei 2012 pukul 15.30 WIB Panitia Penerimaan Komuni Pertama Stasi Harapan Indah mengadakan Rekoleksi untuk orang tua calon penerima komuni pertama yang bertempat di Gereja Santo Albertus Kota Harapan Indah.  Rekoleksi ini dibawakan oleh Romo Yonas Hunu, SVD dengan thema bagian pertama “ BERSAMA ANAK-ANAK KITA MENGENAL TUHAN” dan bagian kedua “KELUARGA KATOLIK SEBAGAI GEREJA KECIL”. Acara ini dihadiri oleh 98  orang tua dan diantaranya 20 orang tua hadir tanpa pasangan. Dari total calon penerima komuni pertama sejumlah ... ada 7 anak yang orang tuanya berhalangan hadir dalam acara rekoleksi ini.

Romo Yonas dalam membawakan rekoleksi ini cukup baik dan menyentuh bahkan banyak peserta yang merasa “kena” dengan contoh contoh sikap sehari-hari yang ternyata itu tidak baik untuk perkembangan anak. Bahkan Romo Yonas bercanda dengan menyebut tindakan orang tua yang tidak baik itu sebagai “ tanda akhir jaman !”.

Bersama anak –anak kita mengenal Tuhan, dalam hal ini Romo Yonas mengambil acuan dari Injil Lukas 2 :41-51. Ada beberapa hal yang bisa digarisbawahi yaitu mulai dari peran orang tua dalam meneruskan tradisi katolik adalah dengan jalan membiasakan diri dalam lingkungan keluarga hingga masalah tanggungjawab orang tua.

Keluarga katolik sebagai gereja kecil. Dalam kesempatan ini Romo Yonas mengingatkan janji perkawinan peserta yang mana diantaranya adalah janji akan mendidik anak hidup secara katolik. Banyak hal hal yang sifatnya sangat dasar namun sering diabaikan oleh peserta seperti membaca Kitab Suci setiap hari, mengajarkan kepada anak membuat tanda salib yang benar, mengajarrkan anak doa spontan, melaukan doa malam bersama, dan lain sebaginya.

Diakhir acara panita mengingatkan hal hal yang harus diperhatikan seperti pelaksanaan penerimaan komuni pertama adalah hari Minggu tanggal 10 Juni 2012 dalam misa kedua. Untuk kelancaran acara maka akan dilaksanakan gladi bersih pada tanggal 3 Juni 2012.  Sebelum menerima komuni pertama anak anak harus menerima sakramen Pengakuan Dosa yang akan dijadwalkan pada hari Selasa tanggal 5 Juni 2012.  Bagi anak yang pada hari itu berhalangan dipersilahkan mencari Romo sendiri dan melampirkan form yang sudah ditandatangani Romo yang menerangkan bahwqa anak tersebut sudah menerima sakramen pengakuan dosa.




Previous
Next Post »