Rapat Anggota Tahunan Koperasi Simpan Pinjam Tritunggal

Hari berganti minggu , minggu berganti bulan dan bulan berganti tahun , roda waktu berputar terus memenuhi alurnya . Tidak terasa satu tahun telah berlalu maka tibalah saatnya untuk melaksanakan RAT sebagai suatu keharusan dalam roda kegiatan Koperasi Kredit (CU) Tritunggal , untuk itu  hari Sabtu tanggal 22 Pebruari 2014 dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan  (RAT) 2014 dengan  mengambil tempat di Aula Gereja Santo Albertus Harapan Indah Bekasi.



Meskipun cuaca pagi itu di guyur hujan deras namun hal tersebut tidak menyurutkan para anggota Kopdit untuk hadir dalam RAT 2014 ini , mereka dengan antusias melihat dan mendengarkan laporan pertanggung jawaban pengurus tentang perkembangan Kopdit selama periode tahun 2011-2013 , mereka ingin ikut melihat pemilihan pengurus baru dan tentu saja pembagian deviden dari hasil usaha tahun 2013.

Acara  RAT dimulai dengan pengarahan dari Bapak Dias Arnanto (KaBid Pelayanan) mewakili Dewan Stasi Harapan Indah , beliau sangat mengharapkan agar Kopdit TriTunggal ini bisa semakin maju dan menghimbau agar seluruh umat di lingkungan2 dapat bergabung menjadi anggota Kopdit , beliau memberikan gambaran dengan jumlah umat Stasi Harapan lndah saat ini sekitar 6,000 orang merupakan potensi yang besar bila mereka rajin menabung dan memanfaat kan program2 yang telah di sediakan oleh Pengurus Kopdit. Selanjutnya Ketua pengurus Kopdit periode 2011-2013 FX Bambang Sumantri menyampaikan laporan perkembangan dan pertanggung jawaban Kopdit.




Perkembangan  dari mulai sejarah awal berdirinya Kopdit TriTunggal pada bulan Desember 2006 kemudian awal tahun 2007 dilakukan Misa Peneguhan oleh Romo Yoseph Jagadawan SVD selaku Pastor Kepala Paroki sehingga membuat umat Stasi bisa menerima dengan baik kehadiran Koperasi Kredit/simpan pinjam TriTunggal ini di Stasi Harapan lndah Bekasi . Perkembangan dari waktu ke waktu berjalan dengan baik dan semakin mendapatkan kepercayaan dari para anggotanya.

Program-program yang dilaksanakan saat ini meliputi ;

1. Program simpan-pinjam untuk membantu anggota dalam mengelola kebutuhan finansial seperti keperluan 2 : uang sekolah anak , merenovasi rumah , untuk berobat dan keperluan 2 lainnya dengan suku bunga ringan & mudah memprosesnya.

2. Program Tabungan JUNIOR untuk membina agar anak-anak dan remaja gemar menabung sejak usia muda , tabungan tersebut dapat digunakan untuk keperluan sekolah diawal tahun pelajarannya.

3. Program PROMORIA untuk membantu pendanaan para anggota untuk memiliki kendaraan bermotor roda dua dengan cara hemat dan murah, saat ini sudah belasan kendaraan bermotor roda dua diperoleh para anggota  melalui program Promoria.

4. Program PROZITAS untuk membantu anggota Koperasi dalam melaksanakan jiarah ke tanah suci napak tilas ketempat sejarah keselamatan.
Saat ini Kopdit sudah berhasil melaksanakan jiarah ke Tanah suci (Kairo+Sinai+ Bethlehem+Yerusalem+Nazareth+Kappernaum+laut mati+Tiberias+Patra Jordan) perjalanan ke tanah suci klotter-1 telah diikuti sebanyak 41 (empat puluh satu) peserta dari Stasi Harapan lndah dan selama perjalanan tersebut menerima Misa Kudus di tempat-tempat bersejarah dan juga peneguhan janji perkawinan di Kana  yang dilayani oleh Romo Yonas Manue Hunu, SVD.
Sebuah perjalanan jiarah yang ideal karena pesertanya telah saling mengenal dengan baik sehingga dalam perjalanan ini semakin terjalin rasa persaudaraan sejati .
Dengan telah berhasilnya pelaksanaan Klotter-1 maka selanjutnya akan segera dimulai lagi pendaftaran bagi anggota yang berminat  jiarah ketanah suci untuk Klotter berikutnya

5. Program-program lain sesuai dengan kebutuhan anggota akan segera disiapkan.
Perkembangan Kopdit Tritunggal saat ini telah mencapai jumlah anggota sebanyak 517orang  dengan jumlah asset sekitar 1,15M dan semakin hari semakin banyak umat yang bergabung menjadi anggota Kopdit Tritunggal , kepercayaan yang telah terbentuk menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pengurusnya untuk berupaya mengelola kegiatan Kopdit dengan lebih baik dan profesional . Untuk itu kedepan perlu dibentuk suatu struktur organisasi yg lebih baik dan perlu diisi dengan SDM yang profesional dan berdedikasi tinggi dilandasi jiwa pelayanan sosial , juga akan diperlukan manajer2 untuk menjalankan program2 yang sudah ada dan memaksimalkan apa yang sudah dicapai selama ini .

Ucapan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan oleh para anggota terhadap Kopdit Tritunggal serta terima kasih kepada seluruh jajaran Pengurus Kopdit periode 2011-2013 atas segala jerih payah dan pengabdian mereka selama ini hingga Kopdit bisa berkembang dengan baik .
Acara dilanjutkan dengan tanya-jawab serta masukkan2 dari para anggota untuk menjadi acuan dalam pengembangan Kopdit kedepan.

Pengurus periode 2011-2013 menyerahkan mandatnya kepada anggota melalui RAT 2014 ini .
Selanjutnya Rapat Anggota Tahunan memilih pengurus lnti yang baru dalam suatu pemilihan yang bersifat  bebas, umum, rahasia, jujur dan adil. Beberapa kandidat  dari anggota bersedia dicalonkan untuk mengisi posisi ketua umum, Bendahara dan Sekretaris untuk masa kerja 2014-2017.

Dari pemilihan yang berlangsung lancar, kandidat yang mendapatkan perolehan suara terbanyak sebagai berikut ;

1. Ketua Umum  : FX Bambang Sumantri
2. Bendahara      : Citra Halim
3. Sekretaris        : Clara Marwanti

Pengurus Inti diberikan mandat untuk  segera menyusun kepengurusan yang baru dan melanjutkan program-program berikut pengembangannya yang diperlukan Kopdit periode 2014-2017, pengurus juga tengah berupaya untuk meng implementasikan program computasi agar membantu gerak langkah Kopdit serta memudahkan analysa perkembangan yang terjadi secara lebih cepat dan akurat.
Pengurus Kopdit periode 2014-2017 tengah mempelajari proses legalitas dan badan Hukum Kopdit TriTunggal sehingga kedepan akan mempunyai landasan yang lebih kuat.

Suasana keakraban dapat dirasakan oleh para anggota sambil menikmati hidangan makan siang bersama dan juga pembagian door prize menjadi sebuah surprise bagi para anggota yang beruntung mendapatkannya, hal ini telah turut mewarnai acara RAT 2014.
Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu oleh para anggota adalah penerimaan deviden atas hasil usaha selama periode tahun 2013, maka dengan tertib mereka satu persatu antri untuk mendapatkan bagian devidennya masing-masing.

Semoga kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang sudah terbentuk dalam kelompok Kopdit ini semakin kokoh dan rasa kesetiakawanan didalamnya senantiasa bertumbuh dengan baik sesuai dengan azas Kopdit tentang kebersamaan. Semoga Koperasi Simpan pinjam (CU) TriTunggal Stasi Harapan Indah Santo Albertus Bekasi semakin kuat dan semakin bermanfaat, semoga Tuhan melindungi kita semua, agar kita tetap sehat jasmani, rohani dan sejahtera.

FX Bambang Sumantri
Previous
Next Post »