Hari Raya Penampakan Tuhan


"Renungan 8 Januari 2017 "Hari Raya Penampakan Tuhan"


Hari Anak Misioner Sedunia

"Masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur" [Mat 2:11]

Allah Memanggil Seluruh Bangsa

Beberapa bulan terakhir tampak semakin banyak orang mencermati gejala awan di langit. Pergerakan awan, angin, dan kemunculan matahari di siang hari dibaca sebagai atau kedatangan hujan ataukah panas terik. Beberapa bulan di akhir tahun lalu menurut pemahaman umum memang musim hujan di negeri ini sehingga sangat wajar di sebagian orang akan banyaknya curah hujan.

Bintang di langit merupakan tanda yang menuntun tiga orang majus dari timur untuk menemukan Sang Raja yang baru dilahirkan. Mereka menampakkan kehadiran bangsa-bangsa di seluruh dunia. Bintang menghadirkan Sang Ilahi yang menuntun bangsa-bangsa di dunia untuk menemukan dan menjumpai Allah.


Patut direnungkan peran Allah yang berkarya di dalam hidup umat manusia. Pertama, Ia telah menganugerahkan pada setiap insan kemampuan untuk mendengarkan arahan dan bimbingan dariNya. Dengan kemampuan ini, umat manusia tidak sekadar menerima panggilan Allah, tetapi sekaligus menjumpai dan bermesraan denganNya. Kedua, Ia telah menganugerahkan pada setiap insan kemampuan untuk bersatu dengan sesamanya dalam kesatuan dengan Allah. Kemampuan ini menampakkan diri pada umat manusia dari segala bangsa untuk berjalan bersama dalam kebersamaan dengan Allah. Umat manusia saling bahu membahu dalam peziarahan hidup di dunia ini bersama dengan Allah. Ketiga, Ia telah menganugerahkan pada setiap insan untuk berbagi kebahagiaan kepada sesamanya. Kebahagiaan akan kebersamaan dengan seluruh bangsa dalam Allah mengalir dalam kehidupan nyata dan memengaruhi kehidupan bersama. Daya rahmat ilahi ini menampakkan panggilan Allah pada setiap insan, panggilan misioner, turut serta dalam karya penyelamatan Allah bagi setiap umat manusia.
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon