SURAT KELUARGA JUNI 2015


REGENERASI

Tuhan itu baik kepada kita
Ada waktu untuk berkarya
Ada waktu untuk mendukung
Ada waktu untuk menikmati dukungan

Setiap orang diundang melayani
Karena memberi yang terbaik dirindukan
Mari memberi sambil memahami
Setiap masa ada berkat tersendiri

Surat keluarga share by: komsos | www.santoalbertus.org
Keluarga dan para pemerhati keluarga terkasih,

Pelayanan kepada keluarga-keluarga adalah sesuatu yang semakin penting dan kompleks. Panggilan pelayanan tidak hanya karena kita mempunyai kemampuan, waktu, ketrampilan, serta iman. Kita juga punya kekhasan dengan usia kita. Tuhan tidak menuntut kita untuk selalu bekerja keras dengan tenaga, tetapi doa dan dukungan moral dibutuhkan-Nya pada karya-karya yang diharapkan-Nya.

Situasi pelayanan keluarga menuntut bukan hanya kemauan dan semangat melayani, tetapi juga tenaga dan kesanggupan fisik serta pelayanan yang tepat-jaman atau dengan terjemahan bebas disebut updated service. Kita sangat berharap datangnya sukarelawan-sukarelawan baru yang masih muda dan mempunyai kemauan serta kesanggupan untuk melayani Gereja.

Mengingat pelayanan para senior saat ini, kita terharu, karena mereka begitu luar biasa dengan kesetiaan, semangat, dan kerja keras dari dulu sampai sekarang. Mereka mendirikan, mengurus, mengorganisir, dan terus menyelenggarakan program-program dan melayani banyak keluarga dengan sukacita. Pelayanan seperti ini pasti mempunyai latar belakang iman dan hidup rohani yang baik. Tuhan telah dibantu oleh tangan-tangan baik pasutri senior kita.

Bagaimana dengan kita yang masih yunior? Apakah kita belum terpanggil? Apakah karya baik yang telah dimulai dan berlangsung harus berhenti? Masih banyak pekerjaan dan bahkan semakin banyak yang harus dilayani seiring jaman yang semakin menantang. Masalah yang rumit dan modern tidak lagi dapat dengan mudah ditangani oleh para tenaga senior. Mereka tentu mempunyai keterbatasan mengatasi jaman digital ini. Para pasutri senior perlu dibantu agar tangan Tuhan tetap menyentuh hidup kita semua.

Seksi Kerasulan Keluarga (SKK) di paroki dan lingkungan (SKKL) amat membutuhkan tenaga-tenaga muda, agar mereka merasa dilayani oleh “kawan seperjalanan”. Tenaga-tenaga muda tidak dipungkiri mempunyai ketangkasan dan kekuatan fisik serta “keluwesan digital” yang lebih dibanding para senior yang bersemangat itu. Kita sungguh membutuhkan tenaga-tenaga muda di tingkat yang paling bawah (lingkungan) maupun di tingkat paroki bahkan keuskupan.

Keluarga-keluarga muda yang diberkati Tuhan, saya mengajak Anda semua, khususnya pasutri, untuk bergabung bersama laskar SKK di mana saja di Keuskupan Agung Jakarta ini. Kita bersama mau membesarkan Kerajaan Allah melalui karya-karya sederhana kita. Mulai dengan iman, doa, kemauan, membagi waktu, dan mencari bidang yang dianggap dapat ditangani dengan baik. Dari situ, kita dapat bekerja sama mengembangkan pelayanan pada keluarga-keluarga.

Sangat terhormat saya boleh menyampaikan hal ini. Penghargaan yang setinggi-tingginya pada para senior, baik SKK maupun para senior di komunitas kategorial, seperti Marriage Encounter, Couple For Christ, pengajar KPP (Kursus Persiapan Perkawinan), dan banyak komunitas yang bersahabat. Saya percaya, para senior dengan sukacita akan membimbing para yuniornya. Mereka dengan penuh kegembiraan akan memberi inspirasi bahwa melayani Tuhan itu membawa berkat tersendiri dalam kehidupan keluarga.

Panggilan Tuhan selalu samar-samar dan lembut. Siapa yang mendengarkan panggilan-Nya akan bersukacita. Hakikat hidup manusia yang bermakna selalu karena ia merasa dipakai Tuhan melayani dan melakukan kehendak-Nya. Sungguh berbahagia orang-orang Kristiani yang membawa kabar baik dengan tangan dan keringatnya sendiri. Mari bergabung dalam pelayanan kita!

Melalui Kitab Nabi Yeremia dikatakan, “..Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan.” (Yeremia 1:7). Semoga kita semua membawa kabar baik untuk memuliakan Tuhan dengan tangan dan ide-ide kita yang segar dan membawa pembaruan. Saya berdoa untuk pelayanan keluarga kita semua.

Tahun-tahun belakangan dan khususnya tahun depan, akan dipenuhi dengan karya-karya serta program-program keluarga yang semakin banyak. Kami siap mendukung dengan masukan-masukan, pendampingan-pendampingan, pendidikan, dan informasi yang akan berguna bagi pelayanan kita bersama di Keuskupan Agung Jakarta tercinta ini. Tuhan memberkati



0 Response to "SURAT KELUARGA JUNI 2015"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel