SURGA MILIK SIAPA?


















SURGA MILIK SIAPA? (Luk 6:20-26)

Dalam Injil hari ini, Yesus memuji mereka yang nasibnya susah dan mengecam mereka yang nasibnya baik. "Berbahagialah kamu yang miskin, sebab bagimulah Kerajaan Surga." (Luk 6:20). Apakah surga itu milik orang miskin dan tidak bagi orang kaya? Kita akan masuk dalam kesalahan fatal bila tidak memahami konteksnya.

Yesus tidak berbicara tentang orang yang kaya atau miskin secara material. Ia berbicara tentang kemiskinan secara spiritual. Jadi siapa itu orang miskin? Orang miskin adalah dia yang menyadari keterbatasannya dan mempercayakan dirinya kepada Tuhan, dia yang dalam segala situasi hidupnya mempercayai Tuhan sebagai pengatur dan penyelenggara segala sesuatu.

Orang miskin dan kaya yang dipertentangkan Yesus dalam Injil hari ini sama sekali tidak ada kaitan dengan status sosial dalam masyarakat, tetapi soal keterbukaan hati terhadap Tuhan. Maka jika seseorang miskin secara materi dan mengalami banyak kesulitan tetapi menutup diri terhadap campur tangan Tuhan, dia bukanlah orang yang berbahagia. Jika ada orang kaya secara materi, yang hidupnya baik dan ia menyadari campur tangan Tuhan di dalamnya, dialah orang berbahagia.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas, SVD (QC, 10/9/14)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel