Telah Hadir Paroki St. Albertus Agung Harapan Indah

Tepat pada pesta kenaikan Tuhan hari Kamis 14 Mei 2015 diresmikan Paroki St Albertus Agung Harapan Indah  oleh Mgr.Ignatius Suharyo. Setelah jadi Paroki kita harus kobarkan semangat Santo Albertus Agung dari kemah yang besar.


Dimulai dengan perarakan para misdinar,13 vandel yang melambangkan jumlah wilayah plus 2 vandel Paroki dibawa oleh bapak-bapak berpakaian daerah, 42 ( empat puluh dua) pastor terdiri dari para pastor paroki Kranji, pastor-pastor SVD yang pernah berkarya di St Albertus Agung, pastor-pastor Dakenat Bekasi, pastor Kuria KAJ.memasuki gereja yang diiringi lagu pembukaan oleh koor OMK sejumlah 60 an mudika,umat dan undangan memenuhi gereja dengan 3 balkon serta tenda-tenda disamping kiri dan depan sejumlah 4000 umat,pengamanan diluar 2 mobil polisi dari Polsek Medan Satria juga Pamsus dari Developer Harapan Indah.




Jumlah umat saat ini dengan ditambah 3 wilayah dari Paroki Santa Clara yaitu wilayah F.Asisi wilayah Ig.Loyola dan wilayah Anastasia jumlah umat 2240 Kepala Keluarga atau 8051 umat. 

Dalam homilinya Mgr.Suharyo mengatakan Gereja Santo Albertus adalah Paroki yang ke 64 dipersiapkan selama 18 tahun, kita patut bersyukur banyak gereja katolik di Indonesia tidak bisa menjadi paroki karena berbagai hambatan, kita harus imani bahwa kasih Kristus untuk semua orang dan bersyukur bahwa hari ini Gereja Santo Abertus Agung menjadi paroki.

Setelah Yesus wafat kita sebagai murid-muridnya wajib untuk mewartakan kabar baik ke Yudea, Samaria dan sampai ujung bumi,dimana ujung bumi? tanya Monsinyur.Yang dijawab sendiri ternyata ujung bumi salah satunya di Bekasi ini, dan seluruh umat mengamini dengan tersenyum. Setelah menjadi paroki seluruh hendaknya umat basis yaitu keluarga lebih kokoh dan menyatu dengan kerahiman Ilahi, sehingga gereja menjadi kuat. Acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan uskup KAJ tentang pembentukan Paroki Harapan Indah dan peresmian oleh Uskup KAJ, diteruskan dengan pembacaan surat pengangkatan Pastor Paroki Harapan Indah.



Diawali dengan permintaan Pastor Kepala Paroki Kranji kepada Bapak Uskup KAJ untuk melantik Dewan Paroki/Pengurus Gereja dan Dana Papa Gereja Santo Albertus Agung Paroki Harapan Indah, Romo Mgr. Suharyo melantik Dewan Paroki.diadakan tanya tentang kesanggupan Dewan Paroki yang dilanjutkan dengan janji setia yang diucapkan bersama-sama untuk menyumbangkan waktu dan tenaga demi kesejahteraan danpemberdayaan umat, berjanji akan menyelenggarakan harta milik gereja sesuai dengan ketentuan Hukum Gereja dan seturut kepercayaan atasan-atasan Gereja yang berwenang.

Setelah Monsinyur dan umat mendengar janji setia dari para Dewan Paroki,salib-salib diperciki air suci diserahkan kepada Dewan Paroki sebagai lambang pelayanan kepada umat dan Monsinyur mengulurkan tangan dan berdoa dan mohon berkat untuk para Dewan paroki.




Acara seremonial terakhir serah terima jabatan Pastor Kepala Paroki dari Pastor Antonius Sarto Mitakda SVD kepada Pastor Kepala Paroki St.Albertus Harapan Indah Pastor Yustinus Kesaryanto Pr., diiringi dengan koor lagu Aku Selalu Bergembira.

Sebelum berkat Romo Kepala Provinsial SVD Propinsi Jawa Romo Yoseph Jaga Dawan SVD berpesan kita harus bersyukur dengan menjadi Paroki dan konsekwensinya kita harus bisa hidup sesuai kehendak Tuhan dengan berpedoman Visi, Misi Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta.Romo Yoseph begitu biasa dipanggil mengajak umat untuk senantiasa menghayati dan mencontoh semangat dan cara hidup Jemaat yang pertama,mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dalam persekutuan,mereka disukai semua orang dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.


Setelah berkat penutup dari Mgr.Suharyo seluruh umat tumpah ruah menikmati hidangan yang disediakan panitia dan dihibur Band Lumen Dei. Proficiat.

By : M.Bambang Suprapto | Foto : ALTO Club

0 Response to "Telah Hadir Paroki St. Albertus Agung Harapan Indah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel