Hari Minggu Prapaskah VI

Renungan 20 Maret 2016 "Hari Minggu Prapaskah VI"


Allah Menyertai “Orang” Benar
Kata Pilatus kepada imam-imam kepala dan seluruh orang banyak itu:
"Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada orang ini." (Luk 23:4)
                          
Hidup dengan berpegang pada tatanan yang baik dan benar di tengah masyarakat sering tidaklah mudah. Orang cenderung mengikuti arus yang ada di tengah masyarakat. Orang lebih mudah ikut kekuatan besar yang ada di tengah masyarakat meskipun bertentangan dengan hati nurani. Orang takut untuk menyatakan sikap pribadinya di hadapan kekuatan massa yang menyimpang dari tatanan yang seharusnya.

Peristiwa yang dirayakan pada Minggu Palma menunjukkan realitas sosial sepanjang sejarah umat manusia. Orang yang berpegang pada tatanan yang baik dan benar justru mengalami pengadilan massa yang tidak adil. Permasalahan antara Yesus dan para pemuka agama Yahudi tampak jelas berada dalam konteks hidup beragama. Namun kenapa dibawa ke pengadilan Pilatus? Apakah secara sosial Yesus harus diadili dalam hukum Romawi, apalagi tuduhan politis sebagai raja bangsa Yahudi yang menentang kaisar?

Sangat menarik pernyataan Pilatus: "Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada orang ini." (Luk 23:4) Pilatus tentu menggunakan hukum Romawi untuk mengadili Yesus. Apa yang ditemukan? Yesus tidak bersalah!


Inspirasi menarik bagiku adalah bahwa Allah menyertai orang benar, sekalipun harus berhadapan dengan pengadilan! Aku tidak memerhatikan apakah pengadilan berpihak padaku atau tidak, tetapi bahwa Allah menyertaiku tatkala berhadapan dengan arus sosial yang mengarah pada penggerogotan tatanan yang baik dan benar, bahkan sering tanpa pengadilan dimana orang menuntut dan menemukan keadilan masyarakat baginya. Berbagai resiko tentu akan diterima, tetapi Allah tetap menyertai!

BY Slamet Harnoto | Tim Komsos

0 Response to "Hari Minggu Prapaskah VI"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel