Hari Minggu Paskah

Renungan 27 Maret 2016 "Hari Minggu Paskah"

Mendobrak Keterkungkungan

Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu
dan ia melihatnya dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci
yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.(Yoh 20:8-9)

Sangat menarik perhatianku karena beberapa kali selama lima bulan terakhir aku ditantang untuk belajar. Aku dianjurkan untuk belajar beternak. Aku dianjurkan untuk belajar ... belajar ... dan belajar. Tatkala anjuran itu sampai di telingaku aku menolaknya: “Belajar apa? Emang Anda lebih mumpuni dari saya?”

Saat merenungkan makna kebangkitan terpikir olehku tantangan untuk belajar. Kebangkitan memancarkan kekuatan untuk keluar dari keterkungkungan diri sendiri. Aku terkungkung oleh berbagai ilmu pengetahuan yang pernah kupelajari. Aku terkungkung oleh berbagai peristiwa yang telah kualami. Aku terkungkung oleh perasaan sempurna diriku sendiri.

Kebangkitan mendobrak keterkungkunganku, bukan masalah kerendahan hati, agar aku tetap dan terus belajar, tidak merasa cukup, apalagi sempurna. Aku harus senantiasa berusaha untuk belajar pada orang lain. Belum tentu pengetahuan atau pengalaman orang lain tidak berguna atau sama saja dengan yang kualami. Pengetahuan dan pengalaman orang lain sedangkal apapun merupakan data yang turut serta dalam proses pengolahan hidup pribadiku.


Salah satunya adalah bagaimana hidup sosialku selama ini. Lebih mudah aku menilai (menghakimi) situasi sosial yang cenderung tidak menguntungkan bagiku daripada bertanya bagaimana aku bisa menjalani hidup dalam kondisi sosial yang ada. Kebangkitan mengingatkan daku akan keberadaan sosial hidup pribadi. SELAMAT PASKAH!

BY Slamet Harnoto | Tim Komsos

0 Response to "Hari Minggu Paskah "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel