Hari Minggu Paskah VII

 Renungan 8 Mei 2016 "Hari Minggu Paskah VII"



"Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa,
di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita,
supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah
yang telah mengutus Aku" [Yoh 17:21]

Kebersamaan hidup, baik dalam keluarga, berbagai komunitas, termasuk komunitas gerejawi tentu dibangun dengan komunikasi yang baik. Keterpecahan sering kali terjadi karena komunikasi yang tidak nyambung, entah karena tidak terpahami, entah karena hambatan psikis pada masing-masing individu.

Pada minggu paskah VII Gereja mencanangkan hari komunikasi sedunia. Tentu dengan membangun komunikasi yang baik kebersatuan sebagaimana dalam doa Yesus diharapkan akan terwujud seoptimal mungkin. Kersatuan tersebut dilandasi oleh dan menjadi pancaran kebersatuan antara Yesus dan Bapa-Nya. Dalam terang Paskah, komunikasi yang membangun kebersatuan mengandaikan kesadaran akan penyerahan diri antar-individu: sebagaimana Bapa menyerahkan kemuliaanNya! Dalam kehidupan manusiawi, perlu kesadaran ini, salah satunya adalah menyerahkan diri kepada orang lain hak bicara agar orang lain dapat mengungkapkan dirinya dan aku mendengarkannya. Tidak hanya orang lain berusaha membuat diriku paham tetapi aku pun berusaha memahami apa yang diungkapkan. Tidak hanya orang lain berusaha menerima diriku dalam pengungkapan dirinya, demikian juga halnya dengan diriku. Semoga kebersatuan sungguh semakin terjalin dengan komunikasi ilahi di dalam komunikasi nyata antar-pribadi manusia.

BY Slamet Harnoto | Tim Komsos

0 Response to "Hari Minggu Paskah VII"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel