Merenungkan Karya Allah dalam HIdup

28 Januari 2018 HARI MINGGU BIASA IV
                                                                                                                                   
“Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya, katanya: "Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahatpun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya” (Mrk 1:27)


Merenungkan Karya Allah dalam Hidup 

Dalam masa biasa umat beriman diajak untuk merenungkan karya Allah dalam hidup. Bercermin dari catatan Markus, di sana ditampakkan reaksi orang banyak terhadap ajaran dan tindakan Yesus. Semua orang takjub. Dikatakan “berkata-kata dengan kuasa” dan ketundukkan roh jahat”. Kuasa ilahi Yesus tampak dalam tutur kata dan tindakanNya. Dua hal ini yang saya tawarkan untuk direnungkan: bagaimana kuasa ilahi sungguh menyapa dan bagaimana tindakan Allah dalam hidup nyata sehari-hari?

Perhatikanlah bahwa sapaan Allah dapat terjadi saat umat beriman membaca Kitab Suci, ketika berkomunikasi dengan sesama, dan rahmat khusus yang diterima saat berdoa. Tiga peristiwa ini pernahkah dialami? Perhatikanlah kuasa ilahi tatkala menyapa: terasa sungguh untuk berbuat baik! Daya dorongnya begitu terasa kuat untuk bertindak. Bagaimana arah tindakannya?

Perhatikanlah bahwa arah tindakan yang didorong oleh sapaan ilahi jelas keluar dari diri sendiri. Pribadi beriman didorong untuk bertindak tidak berorientasi pada diri sendiri, tetapi orang lain, sesama. Kuasa ilahi akan menundukkan kecenderungan pada kejahatan yang merupakan perbuatan roh jahat, misalkan takut untuk berbuat baik dengan berbagai alasan yang terarah pada diri sendiri. “Roh-roh jahat” akan pergi tatkala umat beriman melandaskan diri pada kuasa ilahi.


Pada akhirnya penting disadari kemuridan umat beriman. Umat beriman merupakan bagian dari “tim” karya Allah di dunia ini. Sebagai “tim” tentunya tutur kata dan tindakan berada dalam kebersamaan. Dalam kebersamaan “satu tim” tentulah akan tampak kuat kuasa ilahi dalam tutur kata dan tindakan umat beriman. Amin. 

By Slamet Hrnoto

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Daftarkan Emailmu Disini !

0 Response to "Merenungkan Karya Allah dalam HIdup "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel