WAKTU UNTUK TUHAN



















WAKTU UNTUK TUHAN (LUK 10:38-42)

Bagi orang yang sibuk bekerja, pilihan Maria untuk duduk dan mendengarkan Yesus hanyalah membuang-buang waktu. Sebaliknya mereka yang berani berhenti meluangkan waktu untuk dekat dengan Tuhan, melihat pilihan Marta sebagai orang yang tidak peduli dengan hidup rohani. Dua realitas hidup kita jumpai dalam diri Maria dan Marta.

Marta sibuk melayani ketika Yesus datang, rutinitas yang ia lakukan setiap hari. Sedangkan Maria duduk dan mendengarkan Yesus. Kelihatannya Yesus lebih membela Maria karena telah memilih yang terbaik. Apakah Yesus merendahkan Marta yang sibuk? Mengapa Maria disebut telah memilih bagian yang terbaik? Maria disebut memilih bagian yang terbaik karena ia tahu membagi waktunya. Maria juga bekerja, tetapi ia juga tahu kapan ia harus berhenti sejenak dari pekerjaannya dan mengkhususkan waktu untuk Tuhan. Maria tahu menjaga keseimbangan hidupnya.

Bagaimana dengan saya? Terkadang kita jatuh dalam rasionalisasi bahwa bekerja itu juga sudah berdoa, maka tidak perlu berdoa lagi. Bukankah Yesus juga selalu bekerja tetapi mengambil waktu untuk menyendiri dan berdoa kepada Bapa-Nya? (Lih Mat 14:23; Mrk 1:35, Luk 5:16).

Dengan menegur Marta, Yesus juga ingin menegur kita yang sering lalai dengan kehidupan rohani. Sebab, "Manusia hidup bukan hanya dari roti saja, melainkan dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." (Mat 4:4).

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.
P.Yonas, SVD (QC, 7/10/14
Previous
Next Post »