“ Hari Raya Penampakan Tuhan, dan Hari Anak Misioner Sedunia”




Renungan 3 Januari 2016 Hari Raya Penampakan Tuhan, Hari Anak Misioner Sedunia
                                               


                                                                                         
“Masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya,
lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur” (Mat 2:11)

“Metamorfosa”

Pagi itu tampak kupu-kupu beterbangan dalam jumlah besar di sebuah pohon depan rumah. Hingga siang hari mereka masih berkerumun di pohon tersebut. Sore, menjelang gelap, secara perlahan kupu-kupu menghilang, entah ke mana mereka perginya.

Kupu-kupu itu bagaikan pujian alam pada keagungan ilahi menghiasi cerahnya hari di musim hujan. Terpikir olehku ulat-ulat yang banyak di pohon itu. Dari pelajaran di sekolah aku tahu bahwa kupu-kupu berasal dari ulat yang telah bermetamorfose. Ulat telah berubah menjadi makhluk yang sungguh-sungguh lain (berubah secara substansial) ... menjadi kupu-kupu yang sungguh indah.

Perjumpaan pribadi dengan Allah tentu akan mengubah seorang individu secara mendasar. Perjumpaan dengan Allah membuat seorang individu bermetamorfosa. Peristiwa perjumpaan tiga majus dari Timur merupakan pancaran metamorfosa. Mereka mengakui kemaharajaan Yesus yang baru lahir. Mereka sujud menyembah dan memersembahkan yang terbaik dari negeri mereka masing-masing. Ketundukan inilah yang menunjukan bahwa mereka mengalami menyerahkan kekuasaan kepada Allah.

Adakah kita mengalami seperti ketiga orang majus tersebut?

Perjumpaan personal dengan Allah tentu mengubah setiap individu umat beriman secara mendasar. Umat beriman bermetamorfosa menjadi individu yang baru, dimana Allah sungguh meraja di dalam kehidupan mereka. Kekuasaan Allah tidak sekadar diakui, tetapi sungguh memancar di dalam kehidupan bersama. Hidup bersama tampak begitu indah dengan keunikan masing-masing pribadi, bagaikan kupu-kupu di hari itu.

0 Response to "“ Hari Raya Penampakan Tuhan, dan Hari Anak Misioner Sedunia”"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel