Yuk Nulis (Lagi) !



"Pekerjaan paling sulit adalah membuat sesuatu yang biasa menjadi istimewa"

Kata-kata ini menjadi tolak ukur dan motivasi para peserta Yuk Nulis 2 yang diadakan Sabtu, 17 Mei 2014. Ya, acara yang diprakarsai oleh Sie Komunikasi Sosial (Komsos) ini merupakan acara lanjutan dari Yuk Nulis 1 yang diadakan pada tanggal 18 Mei 2013 yang lalu. Acara ini dibawakan secara apik oleh G. Lini Hanafiah, salah satu anggota Sie Komsos yang ikut terlibat penuh dalam penerbitan "Sanctus", dimulai pukul 13.00 WIB di ruang atas Sakristi.
 
 
 
 
Dalam kesempatan ini, para peserta Yuk Nulis 2 ini diarahkan untuk tidak takut untuk menulis berita atau kejadian yang ada di wilayah Gereja kita ini. Penulisan yang baik juga harus memiliki unsur 5W + 1H, yakni What, Who, When, Where, Why, dan How serta sudut pandang berita. Masing-masing penulis bisa saja memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dan menimbulkan suatu keunikan berita. Selama kurang lebih 45 menit, Bu Lini memberikan sharing tentang penulisan yang baik dan diselingi tanya jawab dari para peserta. 
 
 
 
 
Sekitar pukul 14.00 WIB peserta yang berjumlah 8 orang di mana terdiri dari 4 pria dan 4 wanita dibagi ke dalam 2 kelompok besar. Berdasarkan pembagian tersebut, para peserta pria mendapat bagian menulis artikel dengan tema berita duka dan peserta wanita menulis artikel dengan tema bahagia. Mereka semua diberi kebebasan dalam membuat artikel tersebut namun masih tetap dalam aturan penulisan yang baik. Kurang lebih 1 jam waktu yang diberikan untuk menulis artikel tersebut, kemudian satu per satu para peserta membacakan artikel yang mereka buat. Berbagai kritik, pertanyaan, saran, dan pendapat diberikan baik dari Bu Lini sendiri maupun dari para peserta lain demi meningkatkan kualitas para peserta dalam menulis artikel.
 
 
 
Ucapan terima kasih dari Bapak Herybertus WW selaku ketua Sie Komsos dan Bapak Petrus Urspon selaku sie Pewartaan menjadi penghujung acara Yuk Nilis 2 ini. Harapannya, para peserta Yuk Nulis 2 ini menjadi kontributor setia dalam peliputan kegiatan gereja, khususnya untuk "Sanctus". Ke depannya, akan dibuat klub menulis agar umat memiliki wadah untuk semakin meningkatkan kualitas menulis. Pukul 16.00 WIB acara ditutup dengan doa dan foto bersama.

Yuk Nulis!

Christina Mandy
Previous
Next Post »