Dipanggil Untuk Menjadi Bahagia

Di tengah hidup yang semakin berkembang dalam panggilan yang kita hayati masing-masing, baik sebagai biarawan-biarawati, berkeluarga atau bentuk panggilan lain, hendaknya harus kita syukuri dalam kehidupan melalui pembaptisan. Agar kita semakin menyadari bahwa panggilan Tuhan senantiasa menyelamatkan bila dihidupi dengan setia dan berusaha mengisi panggilan itu dengan kehendak Tuhan.


Sebagai ungkapan rasa syukur  kepada Bunda Maria, pelindung setiap suster KYM yang dirayakan pada setiap tanggal 24 Mei, diadakan dua pesta secara bersamaan yaitu Pesta Ulang Tahun yang ke-10 Legio “Preasidium Maria Bunda Penolong Abadi”  dan Pesta Pelindung Kongregasi KYM “Maria Bunda Pertolongan Baik”  dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Yoseph Jaga Dawan SVD.

Sesuai dengan tema  perayaan yaitu “Dipanggil Untuk Menjadi Bahagia”, maka umat yang hadir terlihat bahagia dalam merayakan pesta malam itu. Teman-teman Legio Preasidium Maria Penolong Abadi yang diketuai Ibu Anna Maria dengan penuh suka cita menyambut umat yang datang. Para suster KYM pun menyalami umat yang yang hadir dengan senyum kebahagiaan. Pesta diadakan hari Jumat malam, 24 Mei 2013 bertempat di Susteran KYM dan dihadiri umat Stasi Albertus yang menyempatkan diri untuk hadir .

Bersamaan dengan pesta ini Sr. M. Zita Hutabalian KYM, Sr. M. Lydia Rumapea KYM, Sr. M. Debora Seran KYM dan Sr. M. Flora Purba KYM memperbaharui janji kaulnya. Mereka menyerahan diri masing-masing dengan tujuan untuk mengikrarkan kaul kemiskinan, kemurnian, dan ketaatan menurut konstitusi dan direktorium Kongregasi Kasih Yesus dan Maria Bunda Pertolongan yang Baik sebagai Suster Junior. Juga ditambah tiga orang Suster Senior yang memperbaharui janji kaulnya yaitu Sr. M. Vinsensia Sipayung KYM, Sr. M. Konstansia Turnip KYM dan Sr. M. Grace Widowati KYM.

Dalam suasana suka cita malam itu, selain umat stasi, hadir pula  dua orang Suster dari kongregasi FCIJ dan beberapa umat yang rela datang jauh-jauh dari Cikanyere Cipanas untuk berdoa bersama dan memberikan dukungan kepada suster yang mereka cintai. Lantunan puji-pujian pada perayaan misa jadi makin meriah dengan diiringi nyanyian dari koor Caecilia Harapan Indah.

Acara perayaan Ekaristi sebagai ungkapan syukur hari ulang tahun ke-10 Legio Preasedium Maria Bunda Penolong Abadi dan Pesta Pelindung Kongregasi KYM “Maria Bunda Pertolongan Baik”. diakhiri dengan acara ramah tamah dan makan bersama.

Setelah Perayaan Ekaristi, Romo Yoseph Jaga Dawan SVD selaku Pastor Paroki menyampaikan kata sambutannya. Dalam sambutannya, Romo  mengingatkan para Suster untuk memaknai panggilannya masing-masing seperti pada tema yang dipilih yaitu “Dipanggil untuk menjadi Bahagia”, bahwa untuk mencapai suatu kebahagiaan akan ada penderitaan,suka duka yamg dialami dan lewat itulah kebahagiaan itu menjadi bermakna. Romo Yoseph juga meminta umat stasi untuk mendoakan para biarawan/ti agar tetap setia. Diakhir acara Sr. Vinsensia mengucapkan rasa bersyukurnya serta berterima kasih kepada umat stasi yang hadir atas segala dukungan dan doanya, ia juga berharap bahwa umat stasi dapat menjadi orang tua bagi para Suster sehingga umat berhak dan berkewajiban mengingatkan dan mendoakan para Suster agar tetap setia dengan panggilannya.

Kehadiran Sr. Grace yang pernah ikut berkarya di Harapan Indah selama kurang lebih 3 tahun malam itu, serasa seperti acara reunian. Sekarang Sr. Grace berkarya di Cikanyere Cipanas bersama Sr. Flora. Beliau sangat terkesan dan bangga dengan perkembangan umat disini baik jumlah umat yang bertambah, keakraban, keaktifan/keterlibatan umat dalam hidup menggereja. Ia berharap semoga umat akan semakin banyak yang mau terlibat dalam kehidupan menggereja yang mulai memudar dan menjadi peduli sehingga dapat memenuhi kehidupan panggilan dan pelayanan akan tumbuh.

Proficiat  kepada para Suster yang baru saja memperbaharui janji kaulnya. Kepada para Legio Presedium Maria Penolong Abadi yang berulang tahun yang ke-10, semoga berbahagia, semakin bertumbuh dan berkembang baik dalam kualitas dan kuantitas serta semakin setia  dalam menghidupi panggilannya serta senatiasa bersemangat dalam menjalankan pelayanan. Amin.

 
Ditha - Team Komsos

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel