YESUS MENULIS DOSAMU














YESUS MENULIS DOSAMU (YOH 8:1-11)

Menulis dosa orang dalam daftar ingatan kita adalah pekerjaan paling mudah daripada menulis dosa sendiri. Bahkan kita sering menulis dosa orang lain demi menutupi dosa kita sendiri. Para ahli Taurat dan orang Farisi mencatat dosa wanita yang berdosa dan meminta Yesus untuk menghukumnya. Yesus malah menunduk dan menulis dengan jari-Nya di tanah.

Apa yang Yesus tulis? Yang ditulis Yesus adalah dosa orang-orang Farisi dan ahli Taurat yang merasa diri benar. Seandainya mereka sadar akan dosa-dosa mereka, mereka tidak akan mempermalukan wanita ini secara publik. Sikap Yesus yang menulis di tanah dan tantangan-Nya kepada mereka untuk melempari wanita itu dengan batu membuat mereka malu.

Mereka pergi satu per satu mulai dari yang paling tua. Mengapa mulai dari yang paling tua? Yang paling tua mungkin lebih banyak dosanya karena lebih lama hidup dan lebih tahu banyak hal dibandingkan dengan remaja dan anak-anak.

Kita juga sering bersikap tidak adil terhadap saudara-saudara kita yang berdosa. Kita bukannya menerima masa lalu mereka dan berusaha untuk memperbaikinya tetapi malah dengan bangga mempermalukannya. Yesus menantangmu hari ini, "Barangsiapa di antara kamu yang tidak berdosa, hendaklah ia melemparkan batu ini..." (Yoh 8:7). Apakah anda berani?

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.                            
P. Yonas, SVD. (QC, 23/3/15)

0 Response to "YESUS MENULIS DOSAMU"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel