Sabda Allah yang Hidup di Tengah Keluarga

31 Desember 2017 PESTA KELUARGA KUDUS
                                                                                                                                   
Ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa,
mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan” (Luk 2:22)


Sabda Allah yang Hidup di Tengah Keluarga

Mencermati teks injil Minggu Pesta Keluarga Kudus ini, rasanya menjadi penting jikalau mungkin bagaimana Sabda Allah sungguh menjadi pedoman, panutan, dan menjiwai keluarga-keluarga katolik. Singkatnya, Sabda Allahlah yang hidup di tengah keluarga. Mungkin itu bisa menjadi sebuah tema permenungan dalam bulan atau tahun keluarga sebuah komunitas gerejawi, entah lingkungan, wilayah, paroki, atau bahkan keuskupan.

Pikirku, keluarga Bapak/Ibu Yusup tidaklah seperti orang atau keluarga di tengah masyarakatku, dimana arus pemikirannya sekadar lazimnya, atau ikut orang pada umumnya. Keluarga Bapak/Ibu Yusup dari Nazareth sungguh menghendaki anaknya yang sulung untuk diserahkan kepada Tuhan. Tentu mereka tahu bahwa hal itu sudah digariskan dalam Kitab/Hukum Taurat Musa. Dalam kesederhanaan berpikirnya, keluarga ini menjalani apa yang seharusnya bagi umat beriman. Landasan hidup keluarga adalah Sabda Allah. Dengan demikian, pendidikan orangtua pada anak-anaknya pun dilandaskan dan diarahkan oleh Sabda Allah.


Keluarga-keluarga katolik pun sudah layak dan pantas melandaskan diri pada Sabda Allah. Lebih dari perintah dan kewajiban, Sabda Alllah menunjuk pada hidup umat beriman. Di dalam keluarga, umat beriman menemukan jati dirinya sebagai bagian dari masyarakat umat manusia. Di sanalah Sabda Allah menyentuh sendi-sendi hidup pribadi dan kebersamaan dalam keluarga. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Daftarkan Emailmu Disini !

0 Response to "Sabda Allah yang Hidup di Tengah Keluarga "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel