iklan banner

Outing Class Goes to Vihara Dhanagun, Bogor

Outing Class Mandarin Wang Long Minggu, 09 Juli 2023 kali ini adalah belajar kebudayaan dengan  berkunjung ke Vihara Dhanagun, Bogor. Ada sebanyak 17 peserta termasuk Laoshi Rina dan Miss Hanni. Sesuai rencana, pesertas sudah bersiap kumpul, berangkat dari tempat Les Xing Yun pukul 08.00 pagi. Perjalanan outing dimulai dengan foto bersama di depan tempat les.


Vihara Hok Tek Bio didirikan tahun 1872, merupakan salah satu klenteng tertua yang menyimpan fakta unik sekaligus wisata budaya dengan berbagai kulinernya. 
Klenteng ini terletak di kawasan pecinan Bogor,  tepatnya di Jalan Suryakencana  No 1, Bogor, Jawa Barat.

Sebagai klenteng tertua di Bogor, Klenteng Hok Tek Bio memiliki sejarah panjang agar tetap dapat bertahan hingga sekarang.
Di abad ke-18, pada mulanya klenteng ini dibangun masyarakat Tionghoa sebagai tempat ibadah pemeluk kepercayaan Konghucu dan karena masalah politik serta etnis di zaman Order Baru berganti nama menjadi Vihara Dhanagun; serta menjadi tempat ibadah tiga kepercayaan yaitu, Budha, Tao, serta Konghucu.

Saat memasuki gerbang vihara, disambut  mural yang ada di sisi kanan tentang  perjalanan ke Barat yang dilakukan oleh Biksu Thong Sam Chong bersama 3 orang muridnya;   Sun Go Kong,  Cu Pat Kay dan Sah Cheng. Sedangkan mural di sisi kiri ada Pat Sian ( 8 Dewa ).

Sebelum masuk ke dalam vihara, ada 2 patung batu singa jantan yang menginjak bola dunia, dan singa betina yang menggendong anaknya. Di pintu utama terdapat  palang pintu. Filsafat dari palang pintu adalah pada saat  masuk, akan menundukkan kepala tanda menghormati tuan rumah serta Altar; dan saat keluar rumah agar  selalu ingat untuk dapat menjaga diri, berani hadapi rintangan, berani melangkah,  dan jika berhasil tidak boleh sombong, jika gagal pantang menyerah. 

Masuk ke dalam vihara  terdapat  2 tiang berukiran naga dengan sisik kuning dan 5 cakar, melambangkan raja,  dibelakangnya terdapat 2 naga bersisik hijau dengan 4 cakar lambang pangeran. Di meja altar terdapat dewa Hok Tek Cheng Sin, di sisi kanan dewa  Kwan Kong sebagai dewa perang, kejujuran dan kesetiaan; di sisi kiri dewi Kwan Se Im Pou Sat sebagai  dewi welas asih. Di kanan kiri altar ada mural tentang laku bakti, hari bumi, cerita Sam Kok saat mengikat janji di kebun persik, dan cerita Sie Jin Kui. Di belakang vihara juga terdapat  pohon mangga besar sekali yang sudah berusia lebih dari 200 tahun.

Kunjungan ke vihara Dhanagun yang disambut dengan ramah, sabar oleh ko Ayung  semakin menambah wawasan pengetahuan tentang sejarah, tradisi kebudayaan maupun tata cara masyarakat Tionghoa. 

Perjalanan kemudian dilanjutkan  ke Kebun Raya Bogor, dan ada beberapa permainan seru yang semakin menambah keceriaan dan keakraban.

Outing hari itu selesai, kembali ke tempat Les Xing Yun pada pukul 20.00. Puji Tuhan perjalanan dan acara outing Class Mandarin Wang Long berjalan lancar sesuai rencana.








Terima kasih Laoshi Rina, Miss Hanni, dan teman teman semua untuk kebersamaannya....

Penulis : Arianthy Diana Kusuma & Publisher : FX Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Outing Class Goes to Vihara Dhanagun, Bogor"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel