iklan banner

REKOLEKSI KELUARGA LINGKUNGAN ARCADIUS 2 : Kebersamaan Sebagai Keluarga Menjadikan Hidup Kita Semakin Berarti

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Pengasih, bahwasanya pada hari Sabtu & Minggu, 8 & 9 Juli 2023, warga lingkungan Arcadius 2 dapat melaksanakan kegiatan rekoleksi bersama. Kegiatan yang telah direncanakan sejak awal tahun 2023 ini diikuti oleh 40 orang warga (22 KK) yang terdiri dari segala usia, dari mulai lansia usia 79 tahun sampai dengan anak usia 9 tahun. Perjalanan kami dimulai pada pukul 05.00 WIB, berkumpul di Blok PB no. 01 dan tiba di lokasi, yaitu Wisma Lestari Sang Timur Cikanyere pukul 08.30 WIB. Perjalanan yang lancar dan menyenangkan.


Setiba di lokasi, kami disambut dengan keramah tamahan khas  para suster Sang Timur, dijamu dengan welcome drink (kopi, teh) dan makanan kecil (kripik singkong, kripik pisang, ubi rebus, pisang rebus). Kami bebas menjelajahi seluruh tempat itu, yang lumayan luas tetapi sangat sejuk, khas daerah pengunungan. Untuk beristirahat, kami dibagi ke dalam 13 kamar, dimana tiap kamar dapat diisi maksimal 4 orang dengan fasilitas kamar mandi di dalam dengan air hangat. Kamar yang sangat bersih dan nyaman untuk beristirahat, semilir angin, sejuk dan cukup dingin.

Saat acara makan siang, kami dijamu dengan lauk ikan bakar yang sangat lezat, sayur asem yang sangat segar, tempe goreng, lalapan dan sambal sunda yang sangat luar biasa nikmatnya.  Untuk minumnya, kita dipersilahkan memilih dan membuat sendiri karena teh, kopi dan air putih selalu tersedia.

Setelah dikenyangkan dengan santapan jasmani, dimulailah acara puncak rekoleksi ini, yaitu pembahasan materi bersama Sr. Veronika, PIJ  selaku pimpinan di Wisma Sang Timur ini. 

Mengambil tema Kebersamaan sebagai Keluarga Menjadikan Hidup Kita Semakin Berartiyang diambil  dari Yakobus 4:14 yang berbunyi “ Sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap”. Sr. Vero mengajak kami  semua untuk merefleksikan arti kehidupan, bagaimana membuat hidup ini menjadi berarti dan memberikan banyak kalimat motivasi. 

Bagaimana kita harus menjaga hati, mencintai keheningan, bahwa semua milik kita hanyalah titipan dan kita harus selalu bersyukur, optimis, dan menjadikan Tuhan sebagai prioritas dalam hidup kita.

Acara selanjutnya adalah permainan. Di pandu oleh Sr. Vero dan anak-anak OMK, kami dibagi menjadi 4 kelompok. Permainan yang sangat seru, membutuhkan kekompakan dan konsentrasi dari seluruh pesertanya, antara lain menjaga keseimbangan bola pingpong dimulut botol, menyusun balok, mendaki menara bola. Sebenarnya ada banyak permainan yang bisa dimainkan dan telah dipersiapkan  tetapi karena cuaca tidak mendukung (hujan) dan kami sudah agak lelah maka hanya 3 permainan itu saja yang dimainkan. Sangat seru dan menggembirakan kami semua.

Pada malam harinya diadakan Ibadah Cahaya. Suatu kegiatan yang sangat indah untuk menutup hari, Kita diajak merenungkan bagaimana menjadi garam dan terang dunia. Kepada kami semua dibagikan lilin menyala dan  diajak meletakkan lilin-lilin tersebut membentuk hati dengan salib di dalamnya, di depan patung Bunda Maria. Sungguh suatu kegiatan yang sangat berkesan, indah dan menyentuh hati sanubari.

Kegiatan pada  hari kedua  kami isi dengan mengikuti misa adorasi di Lembah Karmel. Setelah sarapan nasi uduk dengan lauk bakwan jagung dan telur balado, dengan menggunakan 4 unit mobil angkot, kami menuju Lembah karmel. Karena kami tiba masih sangat awal, kepada kami diberikan acara bebas. Misa Adorasi yang dimulai pukul 09.30 WIB juga dipimpin oleh Romo Yohanes Indrakusuma sebagai salah satu konselebrannya. Misa selesai pukul 12.30 WIB dan kami langsung kembali ke Wisma Sang Timur  untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan pulang ke Bekasi.

Pukul 21.00 WIB kami tiba kembali di Bekasi. Sungguh suatu perjalanan perziarahan yang indah, berkumpul bersama teman-teman sebagai keluarga, melakukan semua kegiatan bersama, mendapat pencerahan iman dari Sr. Vero dan mengikuti misa adorasi bersama romo Yohanes, sungguh merupakan kebahagiaan bagi kami semua. Ditambah lagi dengan membawa oleh-oleh makanan produksi para suster yang sangat enak, membuat kami ingin segera kembali kesana. Terima kasih Tuhan Yesus atas penyertaanMu dalam seluruh rangkaian kegiatan rekoleksi ini sehingga semua dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Semoga kami semua dapat semakin bersatu sebagai   keluarga besar Lingkungan Arcadius 2 dan menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. Berkat Tuhan melimpah untuk kita semua, Amin.












Penulis : Susi & Publisher : FX Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "REKOLEKSI KELUARGA LINGKUNGAN ARCADIUS 2 : Kebersamaan Sebagai Keluarga Menjadikan Hidup Kita Semakin Berarti"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel