iklan banner

Kunjungan Lingkungan Felisitas 2 ke Rumah Lansia Cilincing, Jakarta Utara

Tahun 2024 umat Katolik Keuskupan Agung Jakarta inging mendalami dan mengamalkan Ajaran Sosial Gereja (ASG) tentang “Solidaritas dan Subsidiaritas”. Tema ini terkait erat dengan tema Arah Dasar (ARDAS) KAJ tahun tahun sebelumnya,yaitu penghormatan Martabat Manusia (2022) dan Kesejahteraan Bersama (2023). Solidaritas dan Subsidiaritas adalah cara bertindak untuk menciptakan kesejahteraan bersama, berdasarkan pada nilai penghormatan martabat manusia yang luhur.

Prinsip Subsidiritas mengakui bahwa setiap orang bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri. Setiap orang memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri. Hal ini sama juga berlaku untuk lembaga atau komunitas. Selama tanggung jawab mampu diembankan dengan baik oleh individu atau komunitas maka individu atau komunitas lain tidak boleh campur tangan atau mengambil alih tanggungjawab tersebut.

Mewujudkan ajakan mulia pemimpin Gereja Katolik tentang Solidaritas dan Subsidiaritas maka umat lingkungan Felisitas 2 melakukan aksi nyata dengan melakukan kunjungan ke RUMAH LANSIA ATMABRATA di Cilincing,Jakarta Utara pada hari Mingu, 25 Februari 2024. Kegiatan dimulai dengan berkumpul di depan cluster Taman Puspa dan berangkat bersama menuju lokasi kegiatan, mengingat lokasi lahan parkir yang terbatas maka sebagian panitia dan umat mengunakan transportasi grab.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua lingkungan Felisitas 2 Bapak Andreas Hartanta beserta ibu/bapak/anak-anak serta Bruder kepala lansia Atmabrata (Bruder Petrus) melakukan acara diskusi dan sharing dimana dalam sharing ini bruder Petrus menyampaikan bahwa dibutuhkan tindakan nyata dalam mengelola rumah lansia seperti membangun beberapa fasilitas lain yang dibutuhkan saudara-saudara kita yang terpinggirkan serta perhatian dari umat dan Gereja. Kegiatan juga dilanjutkan dengan acara bernyanyi bersama serta penyerahan sumbangan dan bantuan logistik dari umat dan donator Felisitas 2 berupa beras,gula pasir,popok dan kebutuhan lain.  
 
Demikian laporan singkat kegiatan kunjungan ke rumah lansia Atmabrata di Cilincing,Jakarta Utara. Semoga kegiatan ini menyadarkan kita semua untuk memiliki semangat dalam membela kaum tertindas,ditinggalkan dan tidak memiliki kemampuan untuk bangkit. Tuhan Yesus memberkati Pelayanan kita.

Dokumentasi kegiatan selama kunjungan ke rumah lansia Atmabrata di Cilincing,Jakarta Utara oleh lingkungan Felisitas 2
















Penulis : FX Rudy & Publisher : Theo Ryanto - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Kunjungan Lingkungan Felisitas 2 ke Rumah Lansia Cilincing, Jakarta Utara"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel