iklan banner

Tugas Koor Dalam Misa Perayaan Ekaristi dan Penerimaan Abu


WKRI  DPC Santo Albertus mendapat tugas koor pada Perayaan Ekaristi dan Penerimaan Abu di misa Selasa, 13 Februari 2024 pukul 19.00. Perayaan Ekaristi ini dipimpin oleh Romo Nemesius Pradipta (Dipta ). Beberapa anggota koor mulai berdatangan sejak pukul 18.00; demikian juga umat yang mulai memenuhi gereja.








Ya, untuk tahun ini sudah diambil keputusan untuk melakukan Perayaan Ekaristi dan Penerimaan Abu di hari Selasa malam, selain juga ada di Hari Rabu nya.

Makna Rabu Abu Bagi Orang Katolik

Ash Wednesday adalah peringatan Rabu Abu dengan pemakaian abu tanda salib di kening kepala umat Katolik. Menurut Gereja Katolik, makna Rabu Abu adalah simbol penebusan dosa yang dijadikan sakramental dengan restu Gereja. Abu juga membantu dipercayai manusia dalam meningkatkan semangat kerendahan hati dan pengorbanan.

Selain itu, makna abu juga melambangkan kesedihan, tanda perkabungan, pertobatan, dan merendahkan diri menuju kemenangan kebangkitan Kristus. 

Rabu Abu merupakan hari pertama Prapaskah, yang diperingati pada 40 hari sebelum Hari Raya Paskah. Menurut kepercayaan umat Katolik, maksud kesedihan dalam hal ini adalah karena manusia dianggap telah berbuat dosa dan menyebabkan terjadinya perpecahan dari Tuhan.

Saat imam mengoleskan abu ke dahi seseorang, dia mengucapkan kata-kata,"Ingatlah bahwa kamu adalah debu, dan kamu akan kembali menjadi debu." Imam juga dapat mengucapkan kata-kata, "Bertobatlah dan percayalah pada Injil."

Makna Rabu Abu bagi umat Katolik mengingatkan manusia untuk menyiapkan diri dengan menyadari kesalahan yang telah diperbuat dan bertobat dengan cara berpantang dan berpuasa. Dunia ini hanyalah sementara dan Tuhan-lah yang kekal.
Perayaan Ekaristi dan Penerimaan Abu ini selesai pada pukul 20.30.

Selamat menjalankan Pantang dan Puasa, serta menjalani Masa Pertobatan.

Penulis : Arianthy Diana Kusuma & Publisher : KurniaHD - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Tugas Koor Dalam Misa Perayaan Ekaristi dan Penerimaan Abu"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel