Lomba Koor OMK Tingkat KAJ 2013


Selasa, 15 Oktober 2013, sekitar pukul 6 pagi, 35 Orang Muda Katolik yang tergabung dalam kelompok Paduan Suara OMK St. Albertus sudah berkumpul di Gereja Stasi St. Albertus untuk menyiapkan diri berpartisipasi dalam Lomba Koor OMK tingkat Keusukupan Agung Jakarta 2013, yang tahun ini diselenggarakan di Paroki Kelapa Gading, St. Yakobus.

Lomba Koor OMK yang mengambil tema “Bersatu dalam Nada dan Suara, OMK KAJ makin beriman dan makin berbelarasa” dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 43 tim paduan suara, namun diantaranya mengundurkan diri sehingga tersisa 31 tim paduan suara yang terdiri dari 30 paroki dan 1 stasi yang seluruhnya berasal dari dekenat-dekenat di Keuskupan Agung Jakarta. Patut dibanggakan karena kelompok Paduan Suara OMK St. Albertus yang baru terbentuk pada tanggal 25 Desember 2011, sudah berani berpartisipasi berlomba di tingkat KAJ dan mewakili Stasi.



Setelah berkumpul di gereja dan mengawalinya dengan berdoa bersama di Goa Maria, Kelompok Paduan Suara OMK St. Albertus ini berangkat pukul 06.45 WIB dengan menggunakan bus menuju paroki Kelapa Gading, St. Yakobus. Tepat pukul 08.00 WIB acara dibuka dengan pemukulan Gong oleh Romo Antonius Suyadi, Pr selaku Romo Moderator Kepemudaan KAJ didampingi oleh beberapa Romo lainnya.

Bertindak sebagai juri dalam perlombaan ini adalah juri-juri yang sangat berkompeten dalam hal lagu-lagu Gerejawi dan Liturgi Gereja Katolik sehingga penilaian menjadi sangat detail, diketuai oleh Bapak. L. Putut Pudyantoro dengan anggota dewan juri Romo Antonius Soetanto, SJ Bapak Y. Totok Pujianto dan Ibu Lusiana.


Mendapat nomor urut 25 dengan menggunakan seragam khas Bali yang indah bernuansa Hijau Merah, Koor OMK St. Albertus tampil sekitar pukul 11.40 WIB dengan membawakan 1 lagu wajib berjudul “Gema OMK” dan 1 lagu pilihan berjudul “Karya AgungMu Tuhan”. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bahwa Koor OMK St. Albertus adalah penampilan pertama yang disaksikan oleh Bapa Uskup KAJ, Mgr. Ignatius Suharyo yang baru saja tiba di Paroki Kelapa Gading pukul 11.30 WIB.

Setelah seluruh tim paduan suara menampilkan yang terbaik, acara kemudian ditutup dengan Misa OMK yang dipersembahkan secara konselebrasi dengan konselebran utama Bapa Uskup KAJ, Mgr. Ignatius Suharyo. Lagu-lagu pada misa ini dinyanyikan SATB secara harmonis oleh seluruh peserta  dengan diiringi alunan kulintang oleh OMK St. Yakobus. Yang menarik adalah seluruh peserta belum pernah berlatih bersama-sama namun lagu-lagu dalam misa berhasil dinyanyikan dengan indah dan harmonis.

Setelah misa selesai, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang. Puji Syukur kepada Tuhan, Kelompok Paduan Suara OMK St. Albertus berhasil meraih Juara Harapan II. Dan menjadi kebanggaan tersendiri, kelompok koor ini merupakan satu-satunya peserta yang mewakili stasi dan satu-satunya peserta dari Dekenat Bekasi yang berhasil memperoleh juara.

Juara 1 diraih oleh OMK St. Thomas Rasul-Bojong Indah, disusul Juara 2 St. Fransiskus Asisi-Tebet, Juara 3 St. Matius Penginjil-Bintaro. dan Juara Harapan 3 St. Stefanus-Cilandak. Semoga pencapaian ini menjadi semangat baru untuk teman-teman Koor OMK St. Albertus dalam melayani, memuji serta memuliakan Tuhan lewat nada dan suara. Proficiat!

Christina Mandy
Previous
Next Post »