NAMANYA YOHANES


















NAMANYA YOHANES (Luk 1:57-66, 80)

Pasangan suami istri biasanya sibuk mencari nama untuk bayi yang akan dilahirkan. Nama yang dipilih umumnya mempunyai arti sekaligus menyiratkan harapan bagi si bayi. Zakharia dan Elisabet memilih nama untuk anaknya : "Namanya adalah Yohanes." (Luk 1:63). Pemberian nama Yohanes ini aneh menurut keluarga besarnya. Sebab dalam masyarakat Yahudi, nama seorang anak diambil dari nama yang ada dalam keluarga. Tetapi Zakharia dan Elisabet tetap bersikukuh dengan nama Yohanes.

Yohanes artinya Allah yang berbelas kasih. Zakharia dan Elisabet memilih nama Yohanes berdasarkan pengalaman iman mereka. Mereka tidak mempunyai anak. Mandul adalah aib dalam masyarakat Yahudi. Allah telah menghapus aib dan menunjukkan belaskasih-Nya melalui bayi yang dilahirkan pada masa tua. Nama ini juga menunjukkan tugas yang akan dilaksanakan Yohanes yakni menunjukkan belaskasih Allah melalui seruan pertobatan-Nya. Ia membawa kembali banyak orang Israel kembali kepada Allah.

Tanda orang yang mengalami pengalaman dikasihi Allah adalah semakin berbelas kasih terhadap orang lain. Ia membuka mata terhadap kesulitan sesama, sebagaimana yang telah diperbuat Allah baginya.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas, SVD ( QC, 24/6/14)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel