SUPAYA MEREKA MENJADI SATU


















SUPAYA MEREKA MENJADI SATU (Yoh 17:11b-19)

Kerinduan akan persatuan ada dalam lubuk hati setiap pribadi dan kelompok. Karena itu, dengan berbagai cara orang berusaha untuk menggalang persatuan sebab persatuan itu indah dan meneguhkan. Yesus berdoa kepada Bapa supaya para murid-Nya bersatu. "Bapa, peliharalah mereka dalam nama-Mu supaya mereka menjadi satu." (Yoh 17:11b).

Yesus berdoa mohon persatuan karena tantangan yang akan dialami para murid semakin besar. Sebagai satu kelompok, mereka harus menjaga relasi dan kerjasama yang baik. Tanpa persatuan itu, mereka bukan saja tercerai-berai, melainkan bisa saling merongrong dan akhirnya bubar. Tuhan Yesus juga berdoa untuk kita supaya bersatu.

Persatuan adalah rangkain yang berkaitan satu sama lain. Hidup dalam persatuan dan persaudaraan hanya akan mungkin terjadi apabila setiap pribadi berusaha untuk SALING : menghormati, peduli, memperhatikan, membantu, jujur, murah hati, mengampuni, menjaga nama baik keluarga dan rekan kerja, menutup kekurangan dan mendoakan. Tanpa sikap SALING, persatuan dan persaudaraan akan timpang dan pelan-pelan akan absen dalam hidup.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas, SVD. ( QC, 4/6/14)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel