Hari Raya Kenaikan Tuhan

Renungan 5 Mei 2016 "Hari Raya Kenaikan Tuhan"


"Ketika Ia sedang memberkati mereka,
Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga"
[Luk 24:51]

Ada dua hal tatkala aku merenungkan tentang kematian, terutama pengalaman ditinggalkan oleh orang yang dikasihi. Sebagaimana dikatakan oleh banyak orang, setiap orang tentunya akan mati. Hal tersebut menunjukkan batas kenyataan hidup seorang pribadi. Namun batas tersebut tidaklah terpisah dengan hidup sendiri. Kematian melekat pada hidup manusia. Yang terpenting daripadanya kemudian adalah bagaimana kematian itu berpengaruh pada perjalanan hidup. Layat atau mendoakan orang yang sudah meninggal selalu mengingatkan akan nilai hidup. Sekecil apapun, setiap kehadiran individual memberikan sumbangan bagi kehidupan orang lain dan kebersamaan masyarakat. Hal itu begitu tampak pada seorang yang sederhana dengan gaji Rp. 200.000,00/bulan. Dia tukang sapu di suatu tempat ibadah. Tatkala meninggal, banyak orang yang melayat dan menghantarkan jenazahnya ke makam. Inilah yang pertama dari realitas keterbatasan hidup.

Yang kedua adalah hidup tidaklah sia-sia dengan kematian. Hidup berlangsung terus tatkala kematian menyambutnya. Tidak sekadar menghibut, tetapi suatu keyakinan mendalam tatkala mendengar kotbah bahwa kakak masuk surga. Kakak yang meninggal meneruskan perjalanannya dan menerima anugerah kebahagiaan kekal bersama Bapa di surga.

Peristiwa kenaikan Tuhan merupakan satu rangkaian peristiwa karya penyelamatan Kristus. Peristiwa ini menerangi perjalanan hidup manusiawi bersama dengan Allah. Hidup manusia tidak berhenti pada kematian. Kebangkitan menunjukkan bahwa hidup berlangsung terus. Kenaikan mengangkat hidup manusia dalam kemuliaan Allah. ALLELUIA!


BY Slamet Harnoto | Tim Komsos



1 Response to "Hari Raya Kenaikan Tuhan"

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel