Minggu Biasa XVI

 Renungan 17 JULI 2016 "Minggu Biasa XVI"

"Hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik,
yang tidak akan diambil daripadanya" [Luk 10:42]


Melawan Lupa

Suatu hari Minggu sebelum berkat penutup dalam Perayaan Ekaristi, romo pemimpin Ekaristi minta pamit karena akan mengemban tugas baru di tempat baru. Beliau memohon maaf kepada seluruh umat apabila pelayanannya selama ini mengecewakan. Sesudah romo, wakil umat memberikan sambutan. Kurang lebih sama: memohon maaf apabila pelayanan umat pada romo sangat mengecewakan.

Peristiwa yang terasa sangat biasa bagiku memberikan kesan mendalam tatkala aku sadari akan kehadiran Allah. Allah sering, atau biasa, saya cuekin. Saya sibuk dengan berbagai tugas pelayanan Gereja dan masyarakat, di samping melayani diri sendiri dengan bekerja atau berdagang mencari duit. Mengikuti Perayaan Ekaristi pun sekadar kewajiban orang katolik sekalian mengantar kedua orangtuaku.

Aku senyum-senyum sendiri, hampir ketawa lepas, tatkala bertatapan dengan dua orang wanita yang dikunjungi Yesus. Marta sibuk melayani sebagaimana seorang nyonya rumah, sementara Maria mendengarkan Yesus. Mungkin rombongan Yesus begitu banyak jumlahnya sehingga Marta protes pada Yesus melihat Maria duduk-duduk saja, tidak peduli dengan Marta yang sibuk menyajikan minuman dan makanan.


Saya dan tentunya umat beriman seharusnya merenungkan Sabda Yesus ini: "Hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil daripadanya" [Luk 10:42]. Saya harus selalu ingat agar aktivitas gerejawiku justru makin menenggelamkanku pada kecuekan akan Yesus. Bagaimanapun Yesuslah Sang Tuan yang memiliki kegiatan-kegiatan gerejawi. Mengapa aku sering bahkan selalu tidak menyapaNya? Mengapa aku sering atau bahkan selalu tidak mendengarkanNya berbicara padaku? Hanya satu saja yang perlu, tapi aku sering melupakannya: MENDENGARKAN TATKALA YESUS BERKUNJUNG!

by Slamet Harnoto | Tim Komsos

0 Response to "Minggu Biasa XVI"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel