Minggu Biasa XXVI

 "Renungan 25 September 2016 "Minggu Biasa XXVI"


"Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi,
mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati"  [Luk 16:31]

Pohon Pisang

Beberapa bulan ini bapak tampak begitu senang dengan sebuah varietas unggul pohon pisang. Setelah berbuah, tampak sangat menyenangkan. Tinggi buah dan pohonnya sama, bahkan ada yang sudah menyentuh tanah.

Satu hal menarik saya perhatikan adalah bahwa pohon pisang itu akan ditebang sesudah buahnya dipetik. Ia tidak dibiarkan hidup lagi. Kelangsungan “spesies”-nya tergantung pada anakannya. Tampak keunggulannya, jumlah anakan tiap pohon pisang yang kami miliki lebih dari sepuluh.

Bagaimana kebijaksanaan pohon pisang ini?

Hidup manusia tentunya akan berakhir dengan kematian. Pertanyaan saya adalah apakah perjalanan hidup manusia, baik personal ataupun komunal suatu komunitas sungguh berbuah dan buahnya itu berlimpah dan menyenangkan? Bahwa spesies manusia diturunkan dalam anak-cucu-cicit ... tidak dapat disangkal. Bagaimana dengan buahnya?


Pewartaan akan hidup sesudah kematian seharusnya menyadarkan kita tidak hanya keberlangsungan hidup personal namun juga bagaimana hidup di dunia ini menghasilkan banyak buah, sekalipun semacam Lazarus yang tampaknya menjadi “beban” masyarakat. Satu buah yang patut direnungkan adalah menjadi inspirasi bagi orang lain. Meskipun Lazarus dalam penampakannya mungkin tidaklah inspiratif dibandingkan tokoh-tokoh dunia, tidak pula memberikan sumbangan berarti bagi sesamanya, namun ia sungguh telah menunjukkan bahwa ia berjuang untuk memertahankan hidupnya. Ia tidak putus asa seperti sebagian orang dengan mengakhiri hidupnya. Ia bertahan hidup sampai akhir, meski ia harus memungut remah-remah dari meja orang kaya itu.

By Slamet Harnoto | Tim Komsos

0 Response to "Minggu Biasa XXVI"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel