SOSIALISASI PENYUSUNAN PROGRAM KARYA PELAYANAN (PKP) 2017

Sosialisasi penyusunan Program Karya Pelayanan (PKP) di Paroki Harapan Indah sudah dimulai. Lagu Indonesia Raya berkumandang dalam acara pembukaan Acara Sosialisasi PKP 2017 ini. Tepatnya pada hari Minggu, 25 September 2016 pukul 12.45 WIB dalam acara sosialisasi PKP 2017 Romo RD. Yustinus Kesaryanto selalu Pastor Kepala Paroki Harapan Indah -Santo Albertus mengabsen satu per satu para ketua seksi, ketua wilayah, ketua lingkungan, para wakil kategorial dan semua yang tergabung dalam Dewan Paroki Pleno. 


Arah Dasar kita tahun 2016 ~ 2020 adalah AMALKAN PANCASILA dan pada tahun 2016 ini dasar kita adalah sila pertama dan dibahas dengan tema "Kerahiman Allah". Tahun depan, 2017, dasar pijakan kita adalah sila kedua dan akan mengambil tema "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam Era Digital"


Ada tiga sasara utama yang hendak dicapai dari lima sasaran usulan yaitu :
  • Mengembangkan Pastoral Keluarga yang utuh dan terpadu
  • Meningkatkan kualitas pastoral kader awam
  • Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan membebaskan
Dasar pemikiran utamanya adalah apakah kecanggihan teknologi digital dapat membawa perubahan yang signifikan khususnya terhadap pastoral dan liturgis, apakah semakin memanusiawikan manusia atau sebaliknya

Tujuan kegiatan ini adalah berusaha mengantisipasi perubahan perubahan di masa depan dan menegaskan posisi evangelisasi Gereja di tengah perubahan yang sudah terjadi. Dan perlu diingat bahwa DUNIA BERUBAH, LINGKUNGAN MEMPENGARUHI, kini dunia sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, khususnya internet, maka kita juga harus hidup dalam era digital, kita harus bisa memanfaatkan untuk evangelisasi seperti yang dilakukan oleh Majalah Hidup dengan membuat web khusus untuk pewartaan

Selain itu kita juga diingatkan bahwa jangan sampai terjadi penyalahgunaan teknologi untuk hal hal yang negatif. Romo juga menggaris-bawahi bahwa dalam pembuatan program yang dipentingkan adalah kualitas bukan kuantitas dan sesuai dengan tema tahun 2017.

Dalam kesempatan ini Bapak  Andreas Tantri sebagai Wakil 1 DPH kita juga menegaskan bahwa :
  • Target kita hanya 9 disesuaikan dengan 3 sasaran yang sudah Paroki tetapkan
  • Mohon disiapkan program yang mengarah kepada jejaring sosial, juga latihan discernment, serta menyiapkan kader~kader untuk berkarya mulai tingkat RT dan seterusnya
  • Mohon dipikirkan cara berdoa yang kontekstual, sesuai kondisi dan situasi aktual
  • Dihimbau supaya kita dapat berkatekese dengan menggunakan teknologi yang tepat

Untuk permasalahan keuangan dalam hal ini Bapak Andik sebagai bendahara Dewan Harian kita juga menambahkan bahwa sudah ada formulir yang disediakan, mohon dipakai sesuai kolom yang tersedia. Juga diingatkan bahwa program yang sudah disetujui itulah yang dilaksanakan, jangan diganti dengan program lain karena dana yang sudah disetujui tidak akan cair.

Acara berjalan dengan baik dan lancar. Acara ini ditutup dngan doa oleh Bapak Arif dan disempurnakan dengan Berkat Penutup oleh Pastur RD Antonius Pramono Wahyu Nugroho.

By Theo Hari | Komsos

1 Response to "SOSIALISASI PENYUSUNAN PROGRAM KARYA PELAYANAN (PKP) 2017"

  1. Semoga para pengurus dapat segera menyusun program karya sesuai seksinya, SELAMAT.

    BalasHapus

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel