Mencermati Dasar Vonis Yesus

25 Maret 2018 
 HARI MINGGU PALMA 

“Alasan mengapa Ia dihukum disebut pada tulisan yang terpasang di situ: "Raja orang Yahudi"” (Mrk 15:26) 


Mencermati Dasar Vonis Yesus 

Setiap orang Kristen tentu memiliki salib, suatu tanda khas yang menunjukkan seseorang atau sekelompok orang adalah Kristen. Di atas corpus terpampang tulisan INRI, yang berarti “Yesus dari Nazaret, Raja Orang Yahudi”. Kesaksian Injil Markus mempertegas alasan mengapa Yesus disalibkan: Yesus, Raja Orang Yahudi. Bacaan utuh Injil Markus tentang kisah sengsara Tuhan yang dibacakan pada Minggu Palma ini memberikan gambaran ketimpangan apa yang tertulis di salib Yesus dengan pengadilan yang diceriterakan oleh tidak hanya Markus, tetapi ketiga Injil lainnya. Pilatus tidak menemukan kesalahan apapun pada diri Yesus yang mengadili Yesus menurut Hukum Kekaisaran Romawi. Ia pun berusaha melepaskan Yesus. Namun pada akhirnya, Yesus disalibkan dengan dakwaan sebagai Raja Orang Yahudi. 

Terlepas dari fenomena sosial yang tampak dari Kisah Sengsara Tuhan dimana tekanan massa begitu kuat sehingga Pilatus menjatuhkan hukuman salib pada Yesus, alangkah baik dicermati resiko dari suatu perjuangan. Peristiwa Yesus menunjukkan pembelaannya pada kaum tersingkir. Banyak orang sakit disembuhkan, orang kerasukan disembuhkan, tidak sedikit orang kelaparan memeroleh makanan. Gesekan dengan para pemimpin Yahudi pun terjadi tatkala popularitas Yesus semakin menanjak di kalangan masyarakat Yahudi yang tampaknya ada dalam situasi negatif. Polarisasi pun terjadi: antara pemuka Bangsa Yahudi dan kelompok Yesus. Bertatapan dengan kisah sengsara, polarisasi ini mencapai klimaks dengan penyaliban Yesus. 

Rasanya baik mencermati peristiwa Yesus itu dengan menatap: resiko suatu perjuangan. Orang Kristen tentu tidak akan lari ataupun menghindar dari segala resiko yang harus diterima. Yesus tidak lari dari pengadilan agama Yahudi ataupun Pilatus. Ia menjalani proses hukum: ditangkap, ditahan, dan diadili. Ia menerima hukuman yang dijatuhkan padaNya. Bagaimana dengan orang Kristen?

By Slamet Harnoto

0 Response to "Mencermati Dasar Vonis Yesus "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel