Tidak Mengecewakan

“Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba”
(Mrk 13:33)

Tidak Mengecewakan

Tidak dapat kupungkiri bahwa batinku memberontak melihat keadaan bapakku beberapa waktu yang lalu. Meski kusadari keterbatasan kakakku dalam merawat bapak, tetap saja aku merasa kecewa tatkala melihat bapak ditinggal sendirian pada malam hari. Aku ingin bertindak, tapi bagaimana? Aku sadar keterbatasan materi. Aku sadar akan keterbatasan kemampuanku secara medik. Akhirnya aku pendam rasa kecewa.



Pengalaman pergulatan yang sangat menarik bagiku. Ini memberikan inspirasi memasuki masa Adven. Masa ini adalah masa penantian akan kedatangan Tuhan. Aku diberi rahmat pergulatan batin agar mampu memahami bahwa masa adven merupakan kesempatan untuk merefleksikan kembali rahmat kehidupan yang kuterima agar pada akhirnya aku tidak mengecewakan Dia yang menganugerahkannya padaku. Aku harus hati-hati dan senantiasa berjaga-jaga. Hati-hati terhadap apa dan siapa? Berjaga-jaga terhadap apa dan siapa?

Aku berharap bahwa Allah tidak kecewa tatkala menjumpai diriku. Aku berharap agar Allah senang tatkala menjumpai diriku. Aku tidak mau ditemukan Allah dalam “kondisi seperti bapakku”. Aku tidak mau menyalahkan Allah atas kondisi negatifku tatkala Dia jumpai. Aku mau menampilkan diri sebaik mungkin di hadapan Allah. Bagiku hati-hati dan berjaga-jaga merupakan kata atau frase yang bermakna sama tatkala berkaitan erat dengan hidup di hadapan Allah. Aku harus tetap menjaga diri sendiri sehingga harus hati-hati dalam makan, berpikir, dan bergaul. Aku harus berhati-hati menggunakan segala daya upaya pribadi agar tetap terjaga penampilan terbaikku di hadapan Allah.

Memerhatikan sesama satu rumah merupakan hal sederhana yang tidak mudah kuperbuat setiap hari. Kecenderungan diriku untuk minta diperhatikan terasa begitu dominan. Memerhatikan sesama satu rumah menjadi satu niat tersendiri dalam hidupku. Inilah kehati-hatian dan sikap berjaga: bertanggung jawab atas perkembangan orang-orang satu rumah.

Adakah yang lain? 
Anda pasti tahu! 
Tuhan memberkati.
Amin.

Penulis : Slamet Harnoto & Publisher : Fabianus William - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Tidak Mengecewakan"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel