iklan banner

Ibadat Jumat Agung Pukul 15.00 Wib di Paroki St. Albertus Agung Harapan Indah Bekasi


Ibadat Jumat Agung diadakan pada pukul 3.00 siang dan pukul 7.00 malam. Walau diadakan 2 sesi, 1 jam sebelumnya seluruh gereja sudah dipenuhi umat, dan 2 jam sebelumnya sudah hampir separuh kapasitas gedung gereja terisi. Sengatan terik panas tengah hari menjelang sore ini, tidak meluluhkan semangat dan niat 7000 umat yang selama 2 tahun pandemi telah merindukan Ibadat Jumat Agung lagi.

Kerumunan padat umat memenuhi seluruh sayap-sayap gereja, goa Maria, jalanan pastoran, garasi pastoran, aula bawah Gedung Karya Pastoral, dan seluruh Lantai 2 dan Lantai 3 Gedung Karya Pastoral.

Iringan masuk Pastor Paroki Yustinus Kesaryanto, PR dan petugas liturgi dimulai pukul 2.57 siang dengan hening sunyi, mengenang wafat Yesus.

Ibadat dilanjutkan dengan khusyuk. Namun sayangnya, audio di Gedung Karya Pastoral tidak bekerja dengan baik, sehingga semua pintu dibuka dan AC pun kurang berhasil menyejukkan ribuan umat di dalam Gedung Karya Pastoral.

Pada Ibadat Jumat Agung ini, umat mendengarkan kisah sengsara dan wafat Yesus, mencium salib, dan menerima Tubuh Yesus.

Walau tidak ada homili, Romo Kesaryanto mengingatkan kembali pentingnya pengosongan diri dari keegoisan dan kesombongan.

Ibadat berakhir tanpa iringan alat musik tepat pukul 5.00 sore. Berhubung lahan parkiran digunakan untuk parkiran motor hingga penuh sesak, mobil yang diparkir dan umat yang berjalan kaki membanjiri seluruh jalanan dan gedung-gedung di sekitar gereja, sehingga harus diatur dan dibantu para petugas kepolisian.

Kerumunan umat yang bubar dari gereja membutuhkan waktu 30 menit karena di luar gerbang, para pejalan kaki harus antri sebelum menyeberang jalan.

Umat yang menghadiri peringatan Tri Hari Suci ini jauh lebih banyak jumlahnya dibandingkan perayaan Natal, karena hanya tersedia 2 sesi Misa atau Ibadat per hari, dan kebanyakan umat tidak ke luar kota seperti umumnya saat liburan tahun baru.

Partisipasi umat sebagai anggota Gereja, dari beraneka ragam latar belakang, dalam menjalankan Tri Hari Suci, sangatlah berharga. Kemerduan 31 petugas koor dari wilayah Santa Felisitas sangatlah pantas dipersembahkan, juga para petugas Tata Tertib dari wilayah Santo Fransiskus Xaverius juga turut berperan besar dalam merapikan begitu banyak umat yang hadir namun tidak bisa memasuki gedung gereja. Petugas Liturgi dan Panitia telah dengan sangat baik berkoordinasi sehingga ibadat berlangsung tanpa hambatan di gedung gereja. Namun juga tak terbilang besarnya peranan masyarakat sekitar, aparat kepolisian, dan tim medis, sehingga memungkinkan lancarnya peringatan Tri Hari Suci.



































Semoga semangat beribadah umat Katolik bisa turut serta membawa Damai Kristus bagi seluruh umat manusia. Amin 🙏


Penulis : Ibu Irene, Betawati, Arianthy Diana Kusuma, Yuni, Theresia Rusti, Bpk Theo Ryanto, Bpk Theo Hari & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Ibadat Jumat Agung Pukul 15.00 Wib di Paroki St. Albertus Agung Harapan Indah Bekasi"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel