iklan banner

Misa Kamis Putih 6 April 2023 di Paroki St. Albertus Agung Harapan Indah Bekasi


Hari Kamis 6 April 2023, Misa Perjamuan Kudus ini diadakan pada pukul 17.00  dan pukul 20:30 di gereja Santo Albertus Agung Harapan Indah. Hari Raya Kamis Putih merupakan kenangan perjamuan malam terakhir Yesus bersama dengan para muridNya, di mana ada persahabatan dan pelayanan dengan simbol pembasuhan kaki. Selain itu juga ada simbol penyerahan hidupNya demi keselamatan semua orang. Kita juga diajak untuk memberikan pelayanan yang sama, yaitu rela melayani dan berkorban dengan kasih yang utuh, dan tulus.   
Terlihat warna kain penutup patung telah diganti dengan warna putih, dan Sakramen Maha Kudus tidak di dalam Tabernakel, karena pada malam Perjamuan Terakhir, Tuhan Yesus yang sangat kudus dan suci menyerahkan Tubuh dan DarahNya untuk kita. Pada malam ini, kesedihan, kesengsaraan, dan sukacita memenuhi atmosfer, karena setelah memberikan pelayanan KasihNya, Tuhan Yesus akan menyerahkan diri untuk didera dan disalibkan.

Seakan menandakan berakhirnya pandemi, sekitar 6000 umat memenuhi seluruh area gereja dan Gedung Karya Pastoral. Misa pertama ini dipimpin oleh romo Nemesius Pradipta bersama diakon Albertus Adiwenanto  Widyasworo, petugas koor sebanyak 80 orang dari wilayah Alfonsus. berpartisipasi dengan kompak dipimpin  dirigen ibu Anastasia Rusmiyati.

Sebelum Misa Jam 20.30 yang dipimpin oleh Pastor Paroki Yustinus Kesaryanto Pr,  seluruh kapasitas lantai dasar dan Lantai 2 gedung gereja telah penuh sejak pukul 20.00.

Dalam homilinya, Romo Yustinus Kesaryanto mengingatkan bahwa Sakramen Ekaristi mengenang Tuhan sendiri yang hadir di antara kita, saat merendahkan diriNya dengan turun ke bumi, disiksa hingga wafat, demi mengangkat manusia dengan penghapusan dosa. Pembasuhan kaki melambangkan pelayanan Kasih dan juga pengampunan dosa orang lain atas kita seperti Tuhan sendiri telah mengampuni kita.

Pada Misa Kamis Putih ini juga dilakukan pembasuhan kaki 12 orang "rasul" oleh Pastor Paroki. Misa Malam ditutup dengan adorasi dan peletakkan Sakramen Maha Kudus di Ruang Adorasi, dilanjutkan dengan ibadat dan Tuguran, yang bisa disaksikan di: https://cutt.ly/tuguranalbertus23























Tuhan Memberkati. Amin 🙏

Penulis : Ibu Arianthy Diana Kusuma, Irene, Theresia Rusti, Yuni, Betawati & Publisher : F.X Rudy. - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Misa Kamis Putih 6 April 2023 di Paroki St. Albertus Agung Harapan Indah Bekasi"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel