JANGAN MENGHAKIMI


















JANGAN MENGHAKIMI (Mat 7:1-5)

"Janganlah menghakimi supaya kamu tidak dihakimi." (Mat 7:1). Apakah kita harus menutup mata terhadap kesalahan sesama? Tidak. Yesus mengajar kita untuk mengoreksi kesalahan sesama dalam semangat persaudaraan. Yang dikecam Yesus dalam Injil hari ini adalah sikap angkuh dalam menilai perbuatan sesama. Yesus mengecam orang yang menyerang kesalahan sesama dengan buas untuk menutupi kesalahannya sendiri.

Orang yang angkuh sengaja menutup mata terhadap kesalahan yang besar dan belum disesali dan sibuk memvonis dan menghakimi kesalahan kecil yang diperbuat orang lain. Mata orang angkuh terlalu jauh melihat ke seberang dan sengaja buta melihat dekat, ke dalam dirinya sendiri. Ditambah lagi kadang ia berusaha menyembunyikan kesalahan besar itu dengan menjalankan ritual keagamaan seperti yang dilakukan kaum Farisi.

Sikap hati yang pantas kita miliki adalah menyadari kesalahan-kesalahan kita dan bertobat. Kita belum pantas menegur apalagi menghakimi orang lain apabila kita masih berkubang dalam kesalahan besar. "Keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar dari mata saudaramu." (Mat 7:5).

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas, SVD. (QC, 23/6/14)
Previous
Next Post »