Minggu Biasa XXIV

 Renungan 11 September 2016 "Minggu Biasa XXIV"


"Aku berkata kepadamu: Akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah
karena satu orang berdosa yang bertobat" [Luk 15:10]

Kambing Lebaran Haji!

Seorang sepupu berceritera tentang ternak kambingnya. Menjelang lebaran haji, seharusnya banyak orang mencari kambing. Kenyataannya hingga tulisan ini ditulis, belum ada orang yang menaksir kambing piaraannya.

Lepas dari situasi itu, perhatianku tertuju bagaimana saudara sepupuku memelihara kambing. Ia rajin mencarikan pakan bagi kambing-kambingnya. Ia rajin membersihkan kandang dan kesehatan kambing-kambingnya. Tentu ia sangat berharap bahwa kambing-kambing tersebut akan laku (mahal) sehingga memberikan penghasilan yang memadai untuk hidupnya.

Gambaran Luk 15 mengungkapkan realitas ilahi dalam kehidupan manusiawi. Allah “memelihara” umat manusia dengan penuh kasih. Dapat diandaikan bahwa Allah berharap umat manusia mengalami kebahagiaan kekal bersamaNya. Namun kelemahan dan keterbatasan hidup manusiawi (fisik, psikologis, dan sosial) sering berbicara lain: yang diharapkan justru berpaling daripadaNya! Umat manusia terikat dengan kehidupan duniawi, berbeda dengan apa yang diharapkan Allah.


Realitas kasih yang diwartakan menunjukkan bagaimana Allah tetap mengasihi: menunggu dan mencari. Ia tidak hanya menunggu umat manusia datang kepadaNya. Ia pun mencari umat manusia yang meninggalkanNya. Lebih dari itu adalah tindakan Allah terhadap umat manusia: membuka hati agar umat manusia mampu kembali kepadaNya! Rahmat Allah itu nyata tatkala Yesus makan dan minum bersama dengan orang-orang berdosa. 

By Slamet Harnoto | Tim Komsos
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon