TIADA CINTA TANPA PENGHARGAAN














TIADA CINTA TANPA PENGHARGAAN (MRK 6:1-6)

Memandang rendah orang lain adalah salah satu sifat buruk manusia. Hal ini sudah lama terjadi dalam sejarah dan terus terjadi sampai hari ini. Bukti penolakan Yesus di daerah asal-Nya adalah salah satu contoh. Orang-orang Nazareth mempertanyakan latar belakang Yesus khususnya keluarga-Nya. "Bukankah Ia anak tukang kayu, anak Maria..."? (Mrk 6:3).

Sebutan "anak Maria" adalah komentar negatif yang sangat menghina Yesus dan keluarga-Nya. Sebab orang Yahudi biasanya dikenal dari nama bapa, bukan dari nama ibu. Dengan mengatakan Yesus sebagai anak Maria, mereka juga menghakimi Yesus sebagai orang yang tak mampu. Engkau hanyalah anak dari seorang perempuan, apa yang bisa Engkau perbuat?

Tanpa penerimaan dan penghargaan, tidak ada cinta. Pengalaman penolakan Yesus juga merupakan pengalaman kita. Penolakan biasanya terjadi antar kita yang telah saling mengenal satu sama lain. Kita diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Hendaknya kita mengarahkan mata untuk melihat hal yang baik dalam diri sesama kita terlepas dari kekurangan yang mereka miliki.

Semakin banyak kita melihat hal positif dalam diri sesama, semakin banyak cinta kita kepada mereka. Semakin banyak kita melihat hal yang negatif, semakin kecil pula cinta kita kepada mereka.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.
P. Yonas, SVD (QC, 4/11/15)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Daftarkan Emailmu Disini !

0 Response to "TIADA CINTA TANPA PENGHARGAAN"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel