iklan banner

Pertemuan Adven 1 Bulan Keluarga - Allahku Solider

Pada hari Rabu, 6 Des 2023, umat lingkungan Fransiskus Xaverius (FX) 3 kembali memulai pertemuan lingkungan untuk mengisi Bulan Keluarga Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Pertemuan kembali diadakan di salah satu rumah yang memang didedikasikan secara khusus untuk melakukan pertemuan-pertemuan umat di lingkungan FX3 tersebut. Kali ini pertemuan pertama di masa Adven tersebut difasilitatori oleh Saudara Alonzo Jethro. Jumlah umat yang hadir mencapai 21 umat termasuk salah satu suster KYM, yaitu Suster Hilaria KYM. Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB dan diawali oleh lagu pembuka. 

Pada sesi pertama, seluruh umat yang hadir diajak oleh sang fasilitator untuk melakukan dinamika kelompok. Mereka dibagi dalam 3 kelompok besar dengan komposisi 6-7 umat per kelompok. Yang diinstruksikan ke dalam tiap kelompok adalah membuat sebuah karya dari kertas koran bekas. Setiap kelompok dibebaskan membuat sesuatu dari bahan kertas koran bekas tersebut dibantu gunting dan isolasi. Dinamika kelompok pun terjadi, setiap kelompok berusaha untuk mewujudkan ide-ide kreatifnya menghasilkan sesuatu bermodalkan kertas koran bekas tersebut. Alhasil dalam waktu 15 menit, setiap kelompok berhasil membuat kostum kreatif dan diperagakan (dipakai) oleh salah satu wakil dari tiap kelompok. Kemeriahan pun terjadi, setiap kelompok merasa senang dan semangat melalui kegiatan tersebut bahkan sampai ada tambahan waktu untuk sesi foto tiap kelompok sebagai kenang-kenangan usaha kerja keras masing-masing tim.

Fasilitator kemudian menganalogikan bahwa hasil dinamika kelompok ini merupakan kerja keras bersama. Dan buah refleksi yang bisa diambil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kertas koran bekas (sesuatu yang kerap diabaikan bahkan tampak sudah tidak terpakai lagi di zaman belakangan ini) bisa kembali berharga, berguna ba hkan dijadikan sesuatu yang dapat bermanfaat. 

Menyambung kegiatan tersebut, fasilitator kemudian masuk dalam sesi perenungan Kitab Suci. Bacaan yang diambil adalah Filipi 2:5-11, yang di dalamnya menunjukkan nasihat Rasul Paulus kepada para umat di Filipi untuk tetap bersatu dan rendah hati seperti Kristus. Yesus Kristus merupakan bukti nyata solidaritas dari Allah yang mau menjelma, turun ke dunia menjadi manusia yang bahkan mau berkorban hingga wafat di kayu salib demi keselamatan umat manusia. 

Dari bacaan tersebut, umat diajak untuk senantiasa memiliki rasa kepedulian seperti Allah sendiri yang mau rendah hati dan peduli. Fasilitator juga menceritakan pengalamannya melakukan pastoral di salah satu daerah di Jakarta di mana masih ditemukan banyak umat lansia yang hidupnya tampak disia-siakan, tersingkir dan terabaikan bahkan oleh keluarganya sendiri. Sehingga, melalui pengalaman tersebut, diingatkan betapa pentingnya tindakan sederhana kita semua untuk mau senantiasa terbuka pada keadaan orang lain di luar diri kita, di lingkungan, maupun masyarakat sekitar.

Pertemuan berakhir kurang lebih 50 menit dan kemudian umat lingkungan FX3 melanjutkan dengan berlatih koor hingga pukul 21.00 WIB demi mempersiapkan tugas koor lingkungan pada Hari Sabtu, 6 Januari 2024 mendatang. [alonzo jethro]









                                                                                                                           


Tuhan memberkati 🙏

Penulis : Ibu Betawati & Publisher : KurniaHD - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan Adven 1 Bulan Keluarga - Allahku Solider"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel