iklan banner

Perayaan Ekaristi dan Pembaptisan Inisiasi

Tidak seperti biasanya, dalam perayaan Ekaristi Kamis Sore 14 Maret 2024, pukul 18.30, terlihat separuh dari lantai dasar gedung gereja telah terisi para umat, peserta baptis, keluarga peserta baptis, dan para petugas yang berbahagia menyambut bergabungnya 107 anggota baru Gereja Katolik Santo Albertus Agung.

Ditemani sanak keluarga, ketua lingkungan, ketua wilayah, dan katekis, para peserta baptisan dewasa ini tampak berbahagia siap menyambut sakramen insiasi dan Tubuh Kristus. Bahkan tanpa layar penunjuk susunan upacara, perayaan ini berlangsung dengan khidmat, melibatkan seluruh tim Katekis yang sangat tanggap dan professional mengatur para peserta. 

Dari total 107 peserta penerima sakramen Baptis, terdapat 17 anak yang menerima hanya Sakramen Baptis saja, 20 orang cukup umur yang menerima Sakramen Baptis dan Komuni Pertama, 1 orang umat yang diterima di Gereja Katolik, 2 orang umat yang menerima Komuni Pertama saja, 13 orang umat yang menerima Komuni Pertama dan Sakramen Penguatan/ Krisma, 50 orang menerima Sakramen Baptis Inisiasi, 3 pasang suami istri yang melaksanakan Pembaharuan Janji Sakramen Perkawinan, dan 1 orang umat yang hanya menerima Sakramen Penguatan/ Krisma.

Misa dipimpin oleh dua pastor paroki, yaitu Romo Nemesius Pradipta PR yang membacakan injil, dan Romo Yustinus Kesaryanto PR yang membawakan homili menarik. Para romo yang tak kenal lelah ini turut bersuka cita melayani 630 peserta perayaan Ekaristi dan memberikan sakramen inisiasi.

Upacara pemberian sakramen inisiasi diawali dengan Litani Orang Kudus, pengucapan janji baptis, lalu penerimaan Sakramen Baptis, Upacara penerimaan ke dalam Gereja Katolik, Pengucapan Syahadat singkat, penerimaan Sakramen Krisma, Pembaharuan Sakramen Perkawinan, dan dilanjutkan dengan Sakramen Ekaristi dimulai dari Doa Umat, Persembahan, dan Konsekrasi.

Pada pukul 20.00, di akhir perayaan Ekaristi ini, pastor paroki menyerahkan para anggota baru Gereja Katolik ini kepada para Ketua Lingkungan agar terus berkarya di lingkungan dan masyarakat. Sesi pemotretan berlangsung terus hingga pukul 21.00.

Dengan ini, segenap keluarga besar Gereja paroki Santo Albertus Agung Harapan Indah telah menyambut dan mengucapkan selamat bergabung dalam damai suka cita.







Penulis : Irene & Publisher : FX Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Perayaan Ekaristi dan Pembaptisan Inisiasi"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel