Lingkungan St. Felisitas 2 Rekoleksi Keluarga Wisma Shalom,Cimahi,Bandung Tanggal 20-21 Juli 2019

Salam Felisitas,
Lingkungan Felisitas 2 telah melaksanakan acara Rekoleksi Keluarga di Wisma Shalom,Cimahi,Bandung pada tanggal 20-21 Juli 2019 dengan tema “ Bahagia Dalam Keluarga dan Sukacita Dalam Pelayanan “ yang dibawakan oleh Romo Elpidius Kristian Surya,OAD (Ordo St. Agustisnus tak berkasut), acara rekoleksi ini di daftar peserta adalah 80 orang (hadir 77 orang) karena 1 keluarga batal ikut.

Keberangkatan dimulai pukul 04.40 Wib dari perumahan Harapan Indah 2 depan Cluster Taman Puspa  dengan 1 bus sumbangan dari FIF Group dengan kapasitas 27 seat sementara peserta lain menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan ke Wisma Shalom ditempuh dalam waktu kurang lebih 2.5 jam.

Kegiatan Rekoleksi kali ini selain  materi utama dari Romo Elpidius juga diisi dengan game, rekreasi, senam bersama dan misa penutup. Hasil kolekte pada misa ksli ini terkumpul sebesar Rp 1.700.000,- (satu juta tujuh ratus ribu rupiah) dan semuanya disumbangkan kepada biara OAD (Ordo St. Agustinus tak berkasut) untuk renovasi kapel yang saat ini sedang berlangsung dan dalam proses penyelesaian akhir.

Rangkuman dari materi rekoleksi tersebut adalah :

Romo Elpidius dalam materi rekoleksi kali ini sesuai temanya menitik beratkan pada kehidupan perkawinan katolik, relasi antar keluarga dan proses pelayanan dan melayani dalam hidup berkeluarga. Dijelaskan bahwa Manusia adalah mahluk sosial dimana kita selalu membutuhkan orang lain, kita adalah ciptaan Allah oleh karenanya kita diajak untuk menjaga dan merawat CiptaanNya (Surat Gembapa Prapaskah 2019). Sebagai manusia kita memiliki hati nurani yang berfungsi sebagai pegangan,pedoman atau norma ( menilai sesuatu itu buruk atau baik), sebagai pegangan atau pedoman konkrit dalam kehidupan sehari hari dan menyadarkan manusia akan harga dirinya.

Kita adalah PELAYAN (Jadilah padaku menurut perkataanMu), melayani adalah UNGKAPAN KASIH kita kepada Tuhan, PERUTUSAN melayani Tuhan bukan pilihan tetapi KEHARUSAN, mengapa ? karena Tuhan sudah lebih dahulu melayani manusia.

Bagaimana konsep melayani ?
KERELAAN + KASIH artinya tidak memperhitungkan untung rugi, tidak menonjolkan diri sendiri, tidak mencari hormat dan tidak mencari pujian dari manusia.

REFLEKSI
  • Melayani itu bukan karena selalu hadir dalam kegiatan gereja, sekolah atau kegiatan social
  • Melayani itu menyangkut hati, kalau kita aktif di sekolah,gereja atau kegiatan social supaya semua ide,keinginan kita terpenuhi maka itu bukan PELAYAN tetapi JURAGAN
  • Kalau kita mau mengorbankan waktu, tenaga bahkan materi untuk membantu orang-orang miskin supaya kita poluler dan mendapat pujian, itu bukan PELAYAN tetapi POLITIKUS

Mengapa Demikian ? karena kita sadar sesadar sadarnya bahwa betapa dalamnya, besarnya, dan luasnya kasih Tuhan dalam hidup kita. Dan sebagai ungkapan syukur, kita ingin berbagi dengan orang lain melalui PELAYANAN kita. Supaya orang lainpun merasakan sapaan kasih Tuhan, dan memuliakan Tuhan.

Materi 1: Perkawinan Kristiani merupakan rencana Tuhan
Perkawinan Katolik adalah persekutuan antara laki-laki dan perempuan untuk membentuk kebaikan demi anak-anaknya nanti. Perkawinan adalah rencana Tuhan namun hidup adalah pilihan yang harus dijalani manusia baik yang menikah, sendiri (jomblo) dan membiara.

Materi 2: Pria sebagai suami dan ayah dalam keluarga
St. Ambrosius

  • Sebagai suami kepada istri
  • Sebagai ayah kepada anak-anak
  • Bersama istri harus menghayati bentuk persahabatan pribadi yang ada kesetaraan dan martabat

Peran pria sebagai suami dan ayah
  • Kepala Keluarga, sebagai pemimpin dimana salah satu tugasnya adalah melayani bukan sebagai pelayan
  • Istri sebagai penolong yang sepadan dan suami menjadi rekan bagi istri dan anak-anak untuk merencanakan dan mengelola rumah tangga

 Tugas Suami (dalam Ef. 5:25-31, 33A)
  1. Mengasuh & merawat
  2. Menguduskannya
  3. Memandikan istri dengan firman Tuhan

 Materi 3: Wanita sebagai Istri dan Ibu  dalam keluarga

  • Wanita sebagai istri
  • Ibu yang melahirkan dan mendidik anak-anak, melayani kebutuhan suami dan merawat anak
  • 1 Tim 2: 8-10, 15: tentang Wanita dan ibu menyebutkan bahwa menjadi perempuan yang beribadah, tekun dalam iman dan kasih, pengudusan dan sederhana
  • Keluhuran martabat wanita sebagai gambaran Maria dan murid Yesus

Materi 4: Keluarga sebagai pemelihara Kehidupan Manusia

Keluarga Kristiani adalah panggilan dari Tuhan
Hidup adalah anugerah, keluarga menjadi tempat dimana kehidupan diterima, dipelihara, dikembangkan dan dilindungi dari segala marabahaya.

Keluarga adalah Gereja mini

  • Menghadirkan Tuhan melalui doa bersama, bersama bertumbuh dalam cinta akan Kristus melalui doa, maka relasi dengan Kristus menjadi dorongan untuk membangun relasi antar anggota keluarga.
  • Perkawinan adalah sakramen yang menguduskan dan menyelamatkan satu dengan yang lain
  • Keluarga adalah sekolah utama, orang tua adalah guru dan pendidik pertama dan utama bagi anak-anak dimana nilai nilai kearifan dan pendidikan tentang cinta dan iman.

Materi 5: Pengampunan dalam keluarga, kemurahan hati anggota keluarga

Hak orang tua dalam mendidik anak bersifat Hakiki artinya:

a. Tugas orang tua sebagai pendidik berakar dalam panggilan sebagai Suami/Istri
b. Pendidikan Sex dalam keluarga Kristiani adalah tugas orang tua karena cinta adalah anugerah dan sexualitas adalah cara berelasi yang lain

Membangun Komunikasi Relasi yang harmonis

a.  Komunikasi adalah unsur esensial dalam keluarga : relasi dua arah
b.  Komunikasi butuh keterbukaan dan kejujuran
c.  Model komunikasi dalam keluarga terdiri dari :
      • Komunikasi dari kepala ke kepala (diskusi)
      • Komunikasi dari hati ke hati (dialog)
      • Komunikasi badan (non verbal)
      • Komunikasi Seks (hubungan seks)
Demikian laporan pandang mata dari acara Rekoleksi lingkungan Felisitas 2, semoga semakin bermanfaat untuk informasi kegiatan lingkungan lain dan terutama memberikan semangat pelayanan dan menumbuhkan rasa cinta dan mengasihi yang semakin dalam kepada keluarga.

Terima kasih dan proficiat, untuk selusuh Panitia yang sudah terlibat dalam seluruh kegiatan mulai dari persiapan hingga acara selesai.


Dokumentasi acara sesuai urutan selama acara berlangsung.

Rapat terakhir panitia persiapan sebelum acara dan keberangkatan





Persiapan di Wisma Shalom



Sambutan Koordinator Wilayah Bp. BJ. Susanto sebelum acara dimulai



Pengarahan dan doa bersama sebelum acara berlangsung










Suasana Game sebelum sesi I




Sesi I dan II oleh Romo Elpidius Kristian Surya,OAD
















Persiapan dan Olah Raga Pagi







Acara santai setelah Olah Raga Pagi dan sebelum Misa Minggu pagi










Fasilitas Wisma Shalom dan menu makanan









By Theo Ryanto - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Lingkungan St. Felisitas 2 Rekoleksi Keluarga Wisma Shalom,Cimahi,Bandung Tanggal 20-21 Juli 2019"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel