Raja Penyelamat

24 Nopember 2019                                                                                                                  HR Kristus Raja Semesta Alam

“Sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus” (Luk 18:13)


“Raja Penyelamat”

Bagaimana gambaran Anda tentang seorang raja? Untuk generasi milenial, mungkin memeroleh gambaran seorang raja seperti raja-raja atau ratu yang masih ada hingga sekarang ini. Atau, gambaran seorang raja diperoleh dari berbagai ceritera sejarah dan tayangan visual, seperti drama dan film.

Bagi Bangsa Israel, gambaran seorang Raja adalah Raja Daud. Sepanjang sejarah Bangsa Israel berbentuk Kerajaan, Raja Daudlah yang berhasil memersatukan Bangsa Israel dan membawa bangsa ini kepada kejayaan. Bayang-bayang Raja Daud berkembang hingga merasuki setiap individu Israel sehingga pengharapan akan kedatangan Mesias pun terkait erat dengan Raja Daud, atau keturunan Raja Daud. Mesias, yang adalah keturunan Raja Daud, akan mengembalikan kejayaan Kerajaan Israel (cf. 2 Sam 5:1-3).

Raja adalah dia yang berkuasa atas nama ilahi yang menentukan hidup dan mati mereka (rakyat) yang dikuasainya. Raja yang didambakan adalah dia yang sungguh mengemban misi ilahi demi kesejahteraan rakyatnya. Raja yang didambakan adalah dia yang mau berkorban demi keselamatan rakyatnya. Raja yang diidolakan adalah dia yang mampu memersatukan dan menyelesaikan segala permasalahan rakyatnya.

Jalan rajawi Yesus tidaklah seperti gambaran raja-raja duniawi. Jalan penyelamatan Raja Yesus adalah dengan merasuki jiwa kehidupan. Umat manusia bukanlah musuh Sang Raja Yesus. Ia menyelamatkan tidak hanya mereka yang setia mengikutiNya. Terbukti di kayu salib, penjahat yang disalibkan bersamaNya dinyatakan masuk Firdaus bersama denganNya. Sang Raja Yesus justru mengampuni dan memohonkan ampun bagi mereka yang telah menyalibkanNya. Yesus adalah Raja bagi semua orang di dunia ini.


Visi hidup Raja Yesus ini tentulah menjadi visi hidup semua umat beriman. Tak ada satu pun umat manusia yang menjadi musuh bagi umat beriman. Sama seperti Raja Yesus, umat beriman menghendaki semua orang diselamatkan. Bersama-sama dengan Sang Raja, umat beriman terlibat di dalam karya penyelamatan semesta alam. Amin. 

By Slamet Harnoto  - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Raja Penyelamat"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel