Allah Menyertai !

25 Desember 2020                                                                                                                Hari Raya Natal

… Mereka akan menamakan-Nya Immanuel” (Mat. 1:23)

Allah Menyertai !

Beberapa waktu yang lalu aku berkunjung ke Jawa. Di sana aku mendapati konflik kecil dalam keluarga kakakku. Menurutnya, “Komunikasi masalahnya”. Spontan aku berpikir, “Kok sedikit-sedikit komunikasi? Sedikit-sedikit komunikasi?” Rasaku komunikasi selalu menjadi kambing hitam dari “ketidak-becusan pribadi”. Bukankah “komunikasi yang baik” membutuhkan kemampuan pribadi yang baik pula? Kemampuan pribadi untuk mendengarkan dan memahami bukankah dibutuhkan dalam komunikasi?

Pada Perayaan Natal tahun ini aku tertarik untuk merenungkan penyertaan Allah dalam komunikasi antar-pribadi. Bagiku, peristiwa Natal merupakan peristiwa pembebasan umat manusia dari hambatan atau hilangnya komunikasi Allah dan umat manusia. Allah sendiri merasuk ke dalam kehidupan manusia, mendengarkan secara langsung keluh-kesah hidup manusia tanpa manusia mengatakannya. Lebih dari itu, Allah menganugerahkan secara khusus kemampuan untuk mengembangkan komunikasi antar-umat manusia. Kasih merupakan bahasa universal umat manusia. Kasih melampaui batas-batas hidup umat manusia.

Kehadiran Allah dalam hidup umat manusia merupakan kehadiran kasih yang menghancurkan hambatan-hambatan dan tiadanya komunikasi. Orang tidak berpikir lagi agama seseorang tatkala bencana alam sedang melanda. Orang tidak berpikir lagi tentang sukunya apa tatkala pandemi melanda semua orang. Orang hanya berpikir bagaimana keselamatan itu terwujud dan keadaan kembali normal seperti sebelum pandemi. Inilah bagiku makna dari Allah menyertai umat manusia. Inilah makna dari Immanuel.

SELAMAT MERAYAKAN NATAL. 
AMIN

 

                                                                               ~o0o~


Penulis : Slamet Harnoto & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Allah Menyertai !"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel