Jangan Ragu Menerima Kehendak Allah !

20 Desember 2020 
Hari Minggu Adven IV 

“Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Maha tinggi akan menaungi engkau; 
sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah” (Luk 1:35) 

Jangan Ragu Menerima Kehendak Allah! 

Aku tidak akan merenungkan apa dan bagaimana kehendak Allah. Aku sangat tertarik pada keraguan Maria tatkala menerima kehendak Allah melalui malaikat. Kondisi konkret dimana pengetahuan dan teknologi manusia sangat terbatas pada waktu itu tentulah membuat Maria meragukan pemberitaan malaikat. Singkat ceritera, malaikat berhasil meyakinkan Maria untuk menerima kehendak Allah.


Umat beriman sering meragukan diri sendiri tatkala menerima tugas perutusan sebagai pelayan jemaat. Ambillah contoh menjadi ketua lingkungan. Keraguan ini tentulah tidak dibuat-buat atau sekadar untuk menolak tugas perutusan, tetapi sungguh realistis tatkala dibenturkan pada situasi keluarga dan jemaat. Adakah orang yang segera siap tatkala tuntutannya adalah keunggulan pribadi? Orang yang sadar akan keberdosaan tentulah akan geleng-geleng kepala menunjukkan penolakan karena ketidakpantasan diri. Maka, penting direnungkan, “Bagaimana mungkin?” 

Dalam keraguan, adakah umat beriman menyerahkannya kepada Allah? Kehendak Allah yang diberikan tentu akan diiringi rahmat peneguhan bagi penerimanya. Allah tidak akan membiarkan kehendakNya sendiri gagal terwujud. Kehendak Allah pastilah terjadi. Itu tidak berarti bahwa Allah “otoriter”, yang memaksakan kehendakNya. Allah pasti memampukan orang untuk menerima dan menjalankan segala kehendakNya. 

Oleh karena itu, kerendahan hati sebagaimana Maria sangatlah penting. Orang rendah hati tentu sadar akan keadaan diri sendiri. Kehendak Allah bukanlah kehendakku, tetapi tatkala diberikan seharusnya menjadi kehendakku. Terpenting daripadanya adalah bahwa aku percaya bahwa kehendak Allah adalah baik adanya, baik bagi diriku sendiri dan baik bagi sesamaku. Allah pastilah tidak akan mencelakai umatNya. Orang rendah hati adalah mereka yang sadar akan diri sendiri dan percaya akan kebaikan dan kemurahan Allah. 

Selamat mempersiapkan Perayaan Natal. Berkat Tuhan menyertai ! Amin.

~o0o~


Penulis : Slamet Harnoto & Publisher : F.X Rudy. - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Jangan Ragu Menerima Kehendak Allah !"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel