Kehadiran Yang Mengutus

6 Desember 2020
Hari Minggu Adven II

“Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: "Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu” (Mk 1:2)

 


Utusan: Kehadiran Yang Mengutus 

Beberapa waktu yang lalu, aku diutus ketua lingkungan untuk mewakili dirinya dan warga lingkungan dalam pertemuan pembentukan tim formatur pemilihan ketua wilayah. Aku cermati cuma satu orang yang memahami apa dan siapa utusan itu. Selain dia, tidak tampak jelas bagiku apakah memahami bahwa kehadiranku dalam pertemuan tersebut merupakan kehadiran ketua lingkungan dan warga lingkungan. Omongan-omonganku merupakan pikiran-pikiran ketua dan warga lingkunganku terkait dengan mekanisme pergantian ketua wilayah.

Kehadiran utusan merupakan kehadiran yang mengutus. Ia tidak berbicara dari dirinya sendiri. Yang dikatakannya merupakan pikiran dan kehendak yang mengutus. Demikianlah kehadiran Yohanes tatkala diutus untuk mendahului Sang Mesias. Ia tidak hanya berbicara tetapi sekaligus berkarya sebagaimana kehendak yang mengutusnya, yakni Allah.

Bagaimana kehidupan menggereja kita?

Aku berpikir, sebenarnya tidaklah sulit untuk tahu dan paham mengenai kehadiran orang yang diutus ikut dalam pertemuan-pertemuan mewakili lingkungan, atau wilayah, atau paroki. Mereka yang diutus, sekali lagi, adalah mereka yang menghadirkan yang mengutus. Pikiran-pikiran yang tertumpah dalam pertemuan merupakan pikiran-pikiran dari yang mengutus. Yang terjadi sering kali justru pikiran-pikiran diri sendiri yang tertumpah sehingga hasil dari pertemuan terasa asing bagi warga yang mengutusnya. Keasingan ini membawa serta kesulitan dalam menjalankan secara nyata.

Pada minggu Adven II ini baiklah direnungkan perutusan umat beriman. Dalam panggilan hidup masing-masing umat beriman diutus untuk memersiapkan jalan bagi Tuhan sebagaimana Yohanes. Aku tawarkan “mempersiapkan” sebagai usaha terus-menerus untuk senantiasa mengevaluasi diri di hadapan Tuhan. Sejauh manakah diriku menjalani hidup selaras kehendak Allah? Apakah diriku senantiasa mempersilakan Yesus untuk masuk ke dalam ruang batinku?

Selamat mempersiapkan Natal ! 


Penulis : Slamet Harnoto & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Kehadiran Yang Mengutus"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel