iklan banner

Gembira dalam Berdoa dan Berkeluarga

Hujan tiba-tiba saja mengguyur deras tepat ketika kami turun dari bus yang sejak pagi (Minggu, 23 Juli 2022)  menjadi tempat bagi bersenda gurau dari Bekasi hingga Cisantana. Namun, derasnya hujan seakan reda dengan derasnya doa kami yang berharap agar kami segera memulai aktivitas liturgis di Goa Maria Sawer Rahmat, Cisantana, Kuningan, Jawa Barat.

Pandemi yang melanda dunia sejak awal tahun 2021 begitu membawa banyak perubahan dalam setiap sendi kehidupan, terutama terkait dengan kegiatan sosialitas. Kegiatan yang bersifat sosial (interaksi antar orang) menjadi sangat terbatas dan cenderung untuk dihindari. 
Demikian juga dengan aktivitas lingkungan di Alfonsus 6. Kegiatan yang bertumpu pada pertemuan antar orang diganti dengan kegiatan layar per layar dari doa bersama secara virtual hingga pertemuan warga secara maya. Akibatnya, kegiatan lingkungan mengalami penurunan secara kualitas dan kuantitas, terlebih pada ikatan batin/persaudaraan pada warga Alfonsus 6.

Berdasarkan fenomena tersebut, pengurus Lingkungan Alfonsus 6 mencoba untuk menjawab permasalahan di atas dengan menghadirkan kegiatan Ziarek 2022 dengan tema MENGELUARGA DALAM TUHAN MELALUI LINGKUNGAN. Kegiatan ziarek ini bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan di kalangan warga Alfonsus 6 melalui kegiatan anjang sana ke Gua Maria dan berekreasi di Air Terjun Palutungan.

Kegiatan ini berlangsung meriah dengan diikuti oleh sebagian besar keluarga di Alfonsus 6. Tercatat 78 peserta ikut dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dimulai dengan berkumpul di Segara City pada pukul 04.30 WIB dan tepat setengah jam setelahnya rombongan Alfonsus 6 dengan menggunakan 2 bus besar berangkat menuju lokasi. Perjalanan begitu lancar tanpa kendala yang berarti hingga pada pukul 10.35 rombongan telah sampai di halaman parkir Gua Maria Sawer Rahmat.

Sambil menunggu hujan reda, kami isi dengan perkenalan, ramah tamah, dan makan siang. Tepat pukul 11.30, rombongan mulai meniti jalan mendaki menuju Kapel Gua Maria  Sawer Rahmat untuk ibadat serta berdoa rosario yang dipimpin oleh Bapak Robertus Karistama. Ibadat berlangsung hikmat di tengah cuaca sejuk dengan kelembaban yang tinggi, beruntung tim koor mampu menghangatkan suasana dengan petikan gitar dan suara  bulat tim koor.

Perjalanan selanjutnya adalah menuju ke Air Terjun Palutungan. Setelah mendapat briefing singkat terkait keamanan dan mitigasi bahaya dari Bapak Kristian selaku ketua panitia. Rombongan Alfonsus 6 akhirnya dapat berekreasi menikmati indahnya Air Terjun Palutungan. Lokasi wisata ini merupakan desa terakhir jalur pendakian Gunung Ciremai dengan ketinggian 1.100 mdpl. Konon, daerah ini disebut palutungan karena menjadi habitat monyet yang hidup di hutan sekitarnya.

Setelah cukup puas bermain air, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian door prize serta ngopi bersama di lokasi camping ground Palutungan. Tumbler, selimut, meja portable laptop menjadi hadiahnya pemanasannya. Hadiah utama berupa 2 buah cover bag yang berhasil dimenangkan oleh Bu Nainggolan dan Bu Rita. Metode pembagian hadiah dalam door prize yaitu dengan menjawab pertanyaan seputar Lingkungan Alfonsus 6 dan Paroki Santo Albertus.

Kami ingin sore itu panjang. Sepanjang tawa-tawa dan cerita kami. Namun, kabut tipis mulai menyapa, mengingatkan kami untuk segera beranjak pulang menuju Bekasi. Tepat pukul 17.00 rombongan mulai berjalan turun menuju dan selamat sampai di Segara City, pada pukul 10.2 Wib..






















Puji Tuhan kegiatan berlangsung tidak hanya lancar, tetapi juga berlimbah berkat. Semoga kehangatan keluarga yang tumbuh dalam dinamika ziarek 2022 tidak segera berlalu, seperti kabut tipis yang sering menyapa kami di sepanjang perjalanan ziarek 2022 Cisantana.

Berkah Dalem 🙏.

Penulis : Bpk Jarot Sutanto & Publisher : F/X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Gembira dalam Berdoa dan Berkeluarga"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel