MENGASIHI

MENGASIHI (Mat 22:34-40)

Hidup manusia akan awet terjaga jika kasih masih bernyala dalam diri setiap manusia. "Kasihilah Tuhan Allahmu... dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." (Mat 22:37,39). Orang Yahudi menunjukkan kasih kepada Yahweh dengan menjalankan ibadat-ibadat, mengikuti perintah Taurat dan menjauhi larangan-Nya. Tetapi hal itu belumlah cukup. Mereka diperintahkan untuk mengasihi sesama bangsanya.

Perintah kasih ini sudah sangat akrab di telinga kita. Banyak orang beragama taat menunjukkan kasih mereka kepada Allah lewat banyak cara. Salah satunya melalui ibadat. Tempat-tempat ibadat selalu penuh setiap kali ibadat. Tetapi mengapa kekerasan, kebencian, permusuhan, ketidakjujuran, penelantaran terhadap keluarga, fitnah dan gosip masih sering terjadi bahkan dilakukan oleh orang-orang yang taat beribadat itu?

Karena ibadat mereka masih sekedar upacara. Ibadat itu belum masuk ke dalam jiwa. Lalu apa tanda orang yang mengasihi Allah? Tanda orang yang mengasihi Allah adalah mengasihi sesama. "Barangsiapa berkata, "Aku mengasihi Allah, tetapi membenci saudaranya, ia adalah seorang pendusta. Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya." (1 Yoh 4:20-21).

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.
Rm. Yonas, SVD

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel