MENERIMA BERLIPAT-LIPAT



MENERIMA BERLIPAT-LIPAT. (Mat 19:23-30)

Kita mungkin terkejut dengan kata-kata Yesus ini, "Lebih mudah seekor unta masuk melalui lubang jarum, daripada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah." (Mat 19:23). Apakah Yesus membenci orang kaya? Apakah orang kaya tidak bisa masuk Kerajaan Allah? Kita akan jatuh dalam pemahaman yang salah kalau melepaskan Injil hari ini dari Injil kemarin (Mat 19:16-22).

Yesus tidak membenci orang kaya dan tidak mengagungkan orang miskin. Yang dikritik Yesus adalah sikap hati orang yang picik terhadap kekayaan dengan tidak mau berbagi. Padahal tuntutan Yesus kepada seorang pemuda kaya yang ingin memperoleh hidup kekal dalam Injil kemarin adalah berbagi dengan yang berkekurangan.

Ia sukar masuk Kerajaan Allah karena ia menutup pintu Rahmat Allah yang harusnya disalurkan kepada orang lain. Sedangkan kepada Petrus dan kawan-kawan yang telah memberikan segala-galanya, Yesus menjanjikan Rahmat yang berlimpah-limpah, 100 kali lipat. Semakin kita murah hati dalam memberi dalam bentuk apa saja, semakin berlimpah pula Rahmat Allah yang kita terima.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas, SVD ( QC, 19/8/14)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel